Bencana Alam KabSUKABUMI

Angin Puting Beliung ‘Blender’ Belasan Rumah Cibadak Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Angin puting beliung disertai hujan deras porak porandakan belasan rumah warga di Kampung Babakan Baru, RT 02/06, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (29/10/2019) sore.

Dari informasi yang dihimpun Radarsukabumi.com, setidaknya ada 14 rumah yang terdampak, dua diantaranya rusak parah.

Ketua RT 02 Desa Tenjojaya Usep Purnama mengaku dirinya menyaksikan langsung saat angin puting beliung menerpa permukiman warga sekitar pukul 15.00 WIB.

“Warga langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Awalnya angin tidak terlalu kencang, lalu tiba-tiba hujan deras. Angin terus membesar menyapu atap rumah warga hingga beterbangan,” kata Usep, Rabu (30/10/2019).

Saat itu Usep menyelamatkan anggota keluarganya. Ia juga melihat beberapa tetangga berlarian ke tempat yang lebih aman. “Saat ini warga bergotong royong menyingkirkan puing dan menambal atap rumah yang bocor. Ada sekitar 14 rumah yang rusak,” lanjutnya.

Usep menyebut atap rumah warga beterbangan terbawa angin hingga belasan meter. Beruntung, saat jatuh, atap tersebut tidak menimpa warga.

“Situasinya panik, ada yang lari menyelamatkan diri. Selain hujan, berbagai benda juga berjatuhan dari atas. Untung saja tidak ada yang terkena serpihan berbagai benda yang terbawa angin,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman mengatakan, pihaknya telah memerintahkan anggotanya mengidentifikasi rumah-rumah warga yang rusak berat.

“Laporan yang kami terima, ada dua rumah mengalami rusak berat pada bagian atapnya. Jumlah pastinya masih kami lakukan pendataan di lokasi. Upaya kami sementara mendistribusikan terpal untuk dua rumah tersebut karena khawatirnya hujan kembali turun,” jelasnya.

(dtc/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *