Pemerintah Kota SukabumiSUKABUMI

2021, Kota Sukabumi Jadi Kota Literasi

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi menargetkan, pada 2021 mendatang Kota Sukabumi menjadi kota literasi. Selain menebar budaya literasi dikalangan masyarakat, agen-agen literasi dari setiap sekolah dibentuk.

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi, Nickeu Rahayu. Pihaknya berkeinginan untuk mengukuhkan sebagai kota literasi pada 2021 mendatang. Tentunya, targetkan itu harus diiringi dengan membentuk sebuah agen-agen literasi di setiap sekolah.

“Agen literasi ini nanti yang akan menyebarkan budaya literasi kepada sesama teman di lingkungan. Sehingga Sukabumi bisa menjadi kota literasi,” ungkap Nickeu, Rabu (30/10).

Menurutnya, literasi menjadi cara Kota Sukabumi untuk memajukan daerahnya. Pasalnya, kota mochi tersebut tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah. “Kota Sukabumi tidak memiliki sumber daya alam. Tapi, kita harus maju, terutama perekonomian masyarakatnya. Makanya perlu membangun budaya literasi,” ujarnya.

Kemajuan sebuah daerah, lanjut Nickeu, diawali dengan kualitas kecerdasan masyarakat. Maka dari itu, dengan gerakan literasi hal itu bisa terwujud. “Proses literasi dimulai dari keluarga, Apalagi ketika berkeinginan memajukan kulaitas masyarakat. Tentu saja dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas dan kreatif,” ungkapnya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menambahkan, Literasi bukan hanya membaca buku karena banyak macamnya seperti literasi budaya dan teknologi.

Oleh karena itu Sukabumi menggulirkan inovasi dalam literasi yakni gerakan Sukabumj gemar membaca (Sugema), sahabat gerakan literasi Sukabumi (Geulis) dan program turunan dari provinsi yakni kotak literasi cerdas (Kolecer).

“Saat ini terjadi percepatan teknologi yang sangat sulit dicegah dan tugas pemerintah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteran dan mencerdaskan bangsa,” tambahnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *