Pentingnya Manajemen Keuangan Untuk Diri Sendiri dan Perusahaan

  • Whatsapp

Oleh : Dini Rahmani
Mahasiswa Universitas Nusaputra

Mengenal ilmu manajemen terlebih dahulu, setiap para ahli memilki definisi tentang ilmu manajemen keuangan yang berbeda misalkan menurut Sutrisno (2003:3) mengemukakan manajemen keuangan semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

Bacaan Lainnya

Adapun menurut Agus Sartono (2001:6) mengemukakan manajemen keuangan adalah manajemen dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.

Martono dan Agus Harjito (2005:4) mengemukakan manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Berdasarkan apa yang sudah dipaparkan Manajemen keuangan adalah sebuah kegiatan menyangkut dari kegiatan perencanaan, analisis, dan pengendalian kegiatan keuangan. Sehingga terdapat dua keputusan utama dalam manajemen keuangan yakni, bagaimana menggunakan dana (allocation of funds) dan bagaimana mencari pendanaan (raising of funds).

Adapun fungsi dari manajemen keuangan itu sendiri terbagi menjadi tiga yaitu keputusan investasi (investmen decision), fungsi pendanaan (financing decision),dan keputusan deviden (dividend decision).

Pengelolaan keuangan pribadi adalah miniature bagaimana sesorang dapat menjadi pemimpin yang baik atau manajer. Dengan mengatur diri sendiri kita akan mengetahui akan pentingnya manajemen individu dengan pengaruhnya atas pribadi, keluarga, masyarakat, kegiatan harian dan kegiatan lainnya.

Setiap individu mungkin saja dihadapkan pada masalah bagaiamana kelebihan pendapatan akan disimpan dan dihadapkan oleh berbagai pilihan, maka dari itu setiap individu harus mengambil keputusan begitupun dengan perusahaan.

Keputusan yang mereka ambil disebut dengan keputusan keuangan. Contoh individu memerlukan suatu aktiva tertentu seperti mobil yang tidak dapat dibayar tunai, maka individu tersebut harus mencari sumber pembiayaan yang dirasa paling menguntungkan seperti pinjaman dengan bunga yang paling murah. Contoh tersebut menunjukana keputusan keuangan yang sering dihadapi oleh individu.

Setelah kita bisa mengelola keuangan individu, secara otomatis kita sudah tau sedikitnya tentang penerapan tentang pengelolaan keuangan untuk perusahaan.

Finansial atau keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik dan benar, suatu bisnis dapat mengalami kekacauan dan akhirnya bangkrut. Itulah sebabnya setiap pengusaha harus memperhatikan manajemen keuangan perusahaannya.

Manajemen keuangan membantu untuk mengukur dan menjaga kondisi keuangan perusahaan tetap sehat. Baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, semuanya perlu menerapkan manajemen keuangan secara baik sesuai kaidah standar akuntansi yang berlaku.

Sebab manajemen keuangan punya peran yang besar dalam mempengaruhi semua aspek bisnis. Sekalipun perusahaan dapat menjual dengan baik dan meraih banyak keuntungan, namun jika manajemen keuangannya buruk, maka ke depannya perusahaan yang kita miliki bisa berpotensi mengalami kegagalan.

Betapa pentingnya penerapan manajemen keuangan bagi perusahaan, agar kita mampu mencermati pengeluaran modal yang ada di perusahaan, contohnya dalam pembelian aset kita harus mengukur seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk itu perlu manajemen keuangan yang baik untuk mencermati setiap pengeluaran modal. Anda harus pertimbangkan modal yang dikeluarkan untuk membeli aset tersebut sebanding dengan apa yang akan dihasilkannya atau tidak.

Mengatur arus kas pun diperhatikan karena manajemen keuangan yang baik, Anda akan selalu punya kas yang cukup untuk membayar biaya sewa kantor, membeli peralatan kerja, membayar internet, telepon, dan tagihan lainnya, serta menggaji karyawan setiap bulan.

Semua biaya dapat dibayar tepat waktu, karena Anda tidak mengalami kesulitas keuangan. Menekan biaya pengeluarana agar bisa menghemat pengeluaran untuk kepentingan lainnya. Menghitung pajak pembayaran pajak butuh perencanaan dan perhitungan yang baik.

Sebagai pengusaha yang taat regulasi, pastinya Anda wajib membayar pajak secara rutin kepada pemerintah. Manajemen keuangan akan membantu Anda menghitung estimasi perpajakan. (http://entrepreneurcamp.id/).

Contoh perusahaan memerlukan berbagai kekayaan seperti mesin, gedung, bahan baku dan lain-lain untuk menjalankan operasinya untuk itu perusahaan perlu mencari sumber dana untuk membiayai kebutuhan untuk operasinya. Dalam suatu organisasi, pengaturan kegiatan keuangan sering disebut sebagai manajemen keuangan.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan sangat penting bagi individu maupun perusahaan agar dapat mengatur segala pemasukan dan pengeluaran keuangan. Keberlangsungan suatu perusahaan salah satunya tergantung pada pengelolaan keuangan yang struktur dan baik.

Pos terkait

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *