Membentuk Ekonomi Berlian Lewat Manajemen Keuangan

  • Whatsapp
Azkia Aura Shanda

Oleh : Azkia Aura Shanda
Universitas Nusaputra

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sejarah di Dunia mencatat Indonesia merupakan salah satu kategori Negara berkembang yang dimana masih tertinggal jauh oleh Negara Adidaya seperti Jepang, Amerika dan sebagainya baik itu dari segi pendidikan, politik, sosial, maupun Ekonomi. Sehingga masyarakat Indonesia masih ada yang mengalami kelaparan,gizi buruk bahkan tingkat kemiskinan pun semakin meningkat.

Bacaan Lainnya

Kenapa semua factor ini bisa terjadi ?

Karena disebabkan oleh satu diname yaitu faktor ekonomi yang makin kritis,bahkan semakin berkembangnya zaman dan panasnya globalisasi ekonomi pun semakin ganas.dari factor inilah yang kaya menjadi semakin kaya dan yang miskin tetaplah miskin.

Dan harga pokok pun menjadi semakin menjelit tinggi tidak sesuai dengan asumsi pasar hingga menjerat dan menguras kantong pekerja dan pembeli.

Ketika ini terjadi angka kematianpun akan terus mengantre sehingga kesejahteraan,kemakmuran yang tercetus dalam UUD 1945 kini tak bisa terwujudkan lagi dan akan terhapuskan seperti kertas yang using layaknya abu dan butiran debu.

Lantas apa yang harus kita lakukan sebagai agen of change untuk menyikapi hal tersebut ?

Salah satu solusi terbaik adalah kita harus membentuk kembali ekonomi Indonesia menjadi ekonomi yang berlian dengan mempelajari dengan baik dan benar manajemen keuangan.

Belajar atau mempelajari manajemen keuangan tidaklah harus dilakuka oleh seorang mahasiswa Jurusan Manajemen, jurusan bisnis atau ekonomi tapi mempelajari semua hal tentang manajemen keuangan itu sangat penting bagi semua kalangan. mengapa ?

Karena setiap orang khususnya para pengusaha,wirausahawan maupun bangsawan bahkan masyarakat kecil sekalipun harus bisa mengatur atau memanage keuangannya.

Karena dengan manajemen keuangan inilah kita bisa merubah kehidupan kita menjadi lebih baik.

Jika keuangan kita sudah teratur atau termanage dengan baik,maka kita akan dengan spontan bisa memanage hal-hal lainnya seperti memanage waktu.

Dampaknya kita bisa bersaing dengan baik. Misalnya dalam sebuah usaha yang kita bangun, jika dalam memanage keuangannya sendiri kita bisa melakukannya dengan baik maka kita dapat bersaing kuat dengan perusahaan lain.

Soal uang itu sangat sensitive sekali oleh karena itu kita harus bisa mengelolanya dengan baik.banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan dikarenakan pengelolaan keuangannya yang buruk.

Contohnya saja seperti pabrik General Motor (GM) Indonesia yang mengalami kebangkrutan dan menutup operasinya pada juni 2015,tak lain penyebab kebangkrutannya adalah kerugian yang amat sangat besar yang dikarenakan pengelolaan keuangannya yang buruk.

Dari kasus ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa mempelajari manajemen keuangan ini sangatlah penting untuk para calon-calon pengusaha khususnya.

Oleh karena itu pemerintah harus mewajibkan dan menerapkan pendidikan manajemen keuangan di setiap kalangan dasar,menengah,atas maupun tingkat tertinggi seperti perusahaan swasta, ataupun perusahaan tingkat tertinggi sekalipun.

Hal ini sangat penting bagi setiap pengusaha besar dan kecil sekalipun karena pada esensinya manajemen keuangan adalah ilmu dalam pengelolaan keuangan dimana kita akan belajar tentang bagaimana caranya untuk memperoleh dana (raising of found) dan bagaimana caranya kita mengelola dana tersebut agar memperoleh benefit yang sebesar-besarnya.

Ketika kita bisa memanage keuangan untuk diri kita sendiri saja maka itu akan memudahkan hidup kita sendiri,pemasukan dan pengeluaranpun akan jelas adanya,hal ini bisa menjadikan pribadi kita lebih smart dalam mengelola keuangan.

Namun jika kita ingin membangun sebuah usaha,maka kita harus mempelajarinya lebih dalam lagi .

Jika kita sudah bisa mengelolanya dengan baik ,kita akan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri (berwirausaha) yang nantinya akan bisa menampung para pengangguran untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan yang meningkatkan kualitas ekonomi.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *