Merdeka Belajar Episode 6 Dirilis, ITB Berfokus Penelitian

  • Whatsapp

SUKABUMI – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis Merdeka Belajar Episode Enam tentang Transformasi Dana Pemerintah untuk Perguruan Tinggi. Di mana salah satu kebijakannya adalah pemenuhan pada 8 Indikator Kerja Utama (IKU).

Terkait hal ini, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah mengatakan, pihaknya akan berfokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat. Pasalnya, menurut dia kebijakan ini tidak merujuk pada tridarma, yaitu memberikan pengaruh di masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Perguruan tinggi ini tridarma, di mana pengaruhnya di masyarakat dan penelitan sangat penting. Bukan berarti artian 8 (IKU) tidak menjawab, tetapi kita harus tetap fokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat,” jelasnya dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Kamis (5/11).

Namun, pihaknya pun tetap akan berusaha maksimal dalam memenuhi tiap poin yang terdapat dalam IKU. Begitu juga dengan membangun sistem dan subsistem yang mendukung hal tersebut.

“Agar capaian indikator itu bersifat sustain, bukan sekedar mencapai per tahunnya, tapi kita bisa melampauinya dan seterusnya,” tambah dia.

Terlebih untuk matching fund yang mendorong kolaborasi perguruan tinggi negeri dan swasta dengan dunia industri. Kata dia, ini akan memberi dampak positif pada inovasi-inovasi di masa mendatang.

Dorongan kementerian untuk memberikan fleksibilitas pada perguruan tinggi, tentunya sangat relevan dan sejalan dengaan tujuan ITB. Di mana semua perguruan tinggi mempunyai karakter masing-masing untuk berperan meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

“Tentunya sangat relevan sejalan dengaan harapan ITB, kita semua punya karakter masing-masing, jadi semua PTN dan PTS merasa turut berperan, karena kita bisa saling mengisi,” tutup Reini. (sai)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *