Kampus

Mahasiswa UBSI Sukabumi Dibekali Kemampuan Membangun Web Hosting

SUKABUMI – Sebagai salah satu institusi pembentuk sumber daya manusia (SDM) perguruan tinggi di Indonesia memiliki tanggung jawab dalam menyiapkan  SDM unggul yang siap terjun di era industri 4.0 dimana perguruan tinggi mampu mencetak SDM unggul dan potensial dalam menjawab tantangan era industri  dimasa depan.

Setiap mahasiswa harus disiapkan dari sisi i pengetahuan dan pengalaman dalam bidang industri khususnya industri yang berbasis teknologi.

Sejalan dengan tanggung jawab tersebut, Universitas Bina Sarana Informatika terus berupaya melakukan peningkatan kualitas lulusan yang akan menjadi pelaku  industri di dunia teknologi.

Salah satunya dengan mengakomodasi dan memfasilitasi peningkatan kualitas dan kemampuan para lulusan agar selalu siap  menghadapi perubahan dan tantangan zaman pada era industri 4.0 adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Workshop Membangun Web Hosting dengan tema  “Pemanfaatan Komputer Pribadi Untuk Membangun Web Host”.

Bertempat di kampus Universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi, workshop tersebut diikuti mahasiswa semester tiga Program Studi Ilmu Komputer, Selasa  (29/10/2019).

Pada kesempatan ini, UBSI Kampus Sukabumi menghadirkan Alfian Pamungkas Sakawiguna sebagai narasumber. Alfian adalah seorang praktisi  di bidang web hosting yang juga menjabat sebagai CEO PT. Cloud Hosting Indonesia.

Dalam penyampaiannya, Alfian memberikan materi tentang bagaimana memulai usaha hosting dengan cara menjadi reseller hosting, membangun cloud server, membangun website secara cepat namun website yang dihasilkan cukup baik dengan memanfaatkan fasilitas softaculous yang telah tersedia pada layanan web hosting.

” Workshop ini mahasiswa diajarkan bagaimana cara mendaftar domain dan membuat website sederhana, mahasiswa juga diberikan domain gratis selama satu bulan untuk belajar membangun sebuah website. Makanya sangat penting bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini,” terang Alfian.

Sementara itu, Ketua Program Ilmu Komputer UBSI Kampus Sukabumi Denny Pribadi berharap, melalui workshop ini diharapkan dapat tumbuh motivasi dan rasa percaya diri dari para mahasiswa untuk mulai membangun dan mengembangkan keilmuan dibidang teknologi khususnya teknologi web host, selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat menerapkan teknologi web host tersebut meskipun perangkat yang tersedia kurang memadai.

” Dari hal tersebut diharapkan akan muncul ide-ide dan kreatifitas dari mahasiswa sehingga dari kreatifitas tersebut tercipta SDM yang unggul dan mandiri,” ucapnya.

UBSI Web Hosting  - Mahasiswa UBSI Sukabumi Dibekali Kemampuan Membangun Web HostingSementara, salah satu mahasiswa sekaligus peserta workshop, Adam Saputra mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, menurutnya dengan mengikuti workshop tersebut ia dapat ilomu baru, apalagi materinya sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

“Workshop ini sangat membantu saya memahami tentang web hosting, karena passion saya memang disitu. Apalagi, pembicaranya friendly, materi yang disampaikan bisa diterima, kalau bisa perbanyak lagi narasumber yang bisa langsung praktek,” tutupnya. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *