SEPAKBOLASUKABUMI

PSSI Akan Bangun Soccer Camp di Sukabumi

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya tengah meninjau lahan di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Lahan ini disiapkan untuk membangun sebuah kompleks sepak bola (soccer camp).

“Tanahnya disiapkan oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI Pak Pieter Tanuri. Luasnya delapan hektare. Saya belum tahu nanti apakah dicicil atau hibah,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (5/11).

Iwan menyebut, PSSI akan meninjau langsung lahan tersebut pada Jumat Minggu ini. Setelah itu, lanjut dia, baru diputuskan apakah PSSI akan membangun soccer camp di sana atau tidak.

Iwan Bule mengatakan, untuk merealisasikan kompleks sepak bola itu, PSSI akan menggunakan dana bantuan FIFA yang besarnya mencapai 2,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 40 miliar.

“FIFA akan memberikan bantuan Rp 40 miliar. Sayang kalau PSSI tidak mengambil peluang itu karena Desember 2020 sudah hangus,” tutur pria yang pernah menjabat Kapolda Metro Jaya, NTB, dan Jawa Barat itu.

Soccer camp merupakan sebuah kompleks sepak bola yang di dalamnya ada lapangan latihan dan asrama bagi para pemain. Pembangunan itu menjadi salah satu janji kampanye Iwan Bule jika terpilih menjadi ketua umum PSSI.

Sebelumnya, Iwan Bule juga sudah melontarkan keinginan agar PSSI mempunyai gedung kantor sendiri seperti lazimnya federasi-federasi sepak bola di negara lain. Menurut pria berusia 57 tahun itu, idealnya PSSI memiliki gedung dengan lapangan latihan, baik sintetis maupun alami serta wisma atlet di dalam kompleksnya.

Meski terus berupaya merealisasikan itu, dia menyadari rencana itu bisa saja tidak bisa diwujudkan karena terganjal soal lahan yang terbatas. Jika itu terjadi, Iwan menyebut gedung PSSI mungkin saja dibangun di kawasan Gelora Bung Karno.

“Ada lahan sekitar 2.000 meter di GBK. Nanti akan kami lihat. Mudah-mudahan Pak Menpora Zainudin Amali bisa menyampaikan hal ini kepada Presiden Joko Widodo. Semoga dapat diteruskan juga ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional,” kata Iwan.

PSSI tidak memiliki kantor tetap setelah markasnya di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, harus dipindahkan karena stadion tersebut harus direnovasi untuk Asian Games 2018. Sejak saat itu, PSSI berpindah-pindah kantor mulai dari Gedung Grand Rubina, Kuningan, Jakarta, lalu sebuah rumah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dan saat ini berada di gedung Mal fX, Sudirman, Jakarta Pusat. (Sumber: Antara)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *