Tiga Fenomena Bulan Ramadan 1441 H, Hujan Meteor Eta Aquarids Hiasi Langit Indonesia

(Reza Mangantar/ Manado Post)

Fenomena langit kembali terjadi. Kali ini hujan meteor Eta Aquarids menghiasi langit Indonesia, Rabu (6/5) dini hari.  Namun sayang, di Kota Manado hujan meteor tidak sebanyak negara atau kota lainnya.

Momen hujan meteor ini terjadi ketika Bumi melewati jejak lintasan Komet Halley yang berisi batuan dan es.

Bacaan Lainnya

Tiga fenomena astronomi yang bisa dinikmati oleh masyarakat selama Bulan Ramadan 1441 H. Informasi ini dikutip melalui akun resmi LAPAN.

Berikut tiga fenomena yang terjadi selama Bulan Ramadan 1441 H:

1. Fenomena Hujan Meteor Eta Aquarids dijadwalkan akan muncul pada tanggal 6-7 Mei 2020. “ Hujan meteor itu fenomena tahunan” .

Hujan meteor ini memiliki intensitas di atas rata-rata di mana mampu menghasilkan hingga 60 meteor per jam pada saat puncak. Sebagian besar aktifitas meteor akan terlihat di belahan bumi selatan.

Setiap tahun, hujan meteor ini berlangsung 19 April hingga 28 Mei dan akan mencapai puncaknya tahun ini pada 6 Mei 2020 malam dan 7 Mei 2020 pagi.

2. Fenomena Bulan Purnama

Bulan Purnama akan terjadi pada 7 Mei 2020. Pada kondisi ini, Bulan akan berada di posisi di belakang bumi apabila dilihat dari Matahari, sehingga wajah Bulan akan sepenuhnya diterangi cahaya Matahari. Fase Bulan Purnama akan terjadi pada pukul 17.45 WIB.

3. Fenomena Bulan Baru, akan muncul pada tanggal 22 Mei 2020.
Bulan akan terletak di sisi Bumi yang sama dengan Matahari dan tidak akan terlihat di langit malam. Fase ini akan terjadi pada pukul 00.39 UTC atau sekitar pukul 07.39 pagi. Momen ini nantinya, adalah saat terbaik dalam sebulan untuk mengamati benda-benda redup di langit malam seperti galaksi dan gugusan bintang.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *