Kecanggihan Google Bisa Buka Pintu Mobil Secara Digital ada di Android 12, Begini Cara Kerjanya

  • Whatsapp
Google resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Andorid 12,

JAKARTA — Google resmi meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi Andorid 12, yang dapat membuka pintu kendaraan pribadi melalui kunci digital yang diresmikan pada acara I/O Google beberapa waktu yang lalu.

Dalam masa percobaan, Google menghadirkan kendaraan BMW yang sudah disertakan teknologi tersebut dan pabrikan lain juga akan menyusuk untuk mengaplikasikan teknologi tersebut ke masing-masing kendaraanya.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, kunci digital bekerja dalam dua cara. Saat Anda tidak ingin mengalami kesulitan saat mengeluarkan ponsel dari saku, pemilik dapat mengunci dan membuka kunci mobil mereka tanpa terlalu banyak melihat layar.

Metode ini menggunakan teknologi Ultra-Wideband (UWB). Menurut TechCrunch, dengan teknologi ini, mobil memancarkan sinyal radio yang dapat ditangkap perangkat seluler Anda dan mengenali arahnya.

Meski sudah banyak pembuat mobil yang memiliki aplikasi khusus. Namun, Android 12 memiliki kepraktisan bahwa mereka tidak memerlukan aplikasi apa pun untuk diunduh untuk kunci digital baru ini.

Metode kedua akan memanfaatkan Near Field Communication (NFC), mirip dengan yang digunakan dengan pembayaran digital. Dengan NFC, pengguna dapat membuka kunci kendaraan mereka hanya dengan ketukan ponsel mereka di pegangan pintu.

Faktor baru lainnya adalah pemilik dapat berbagi akses dengan teman atau anggota keluarga melalui telepon pribadi mereka.

Pengumuman dari Google mengikuti jejak Apple, yang telah memberi pengguna mereka akses ke kunci digital serupa melalui iPhone dan Apple Watch.

Sementara produsen mobil lain sudah menawarkan aplikasi khusus yang dapat membuka dan menyalakan mobil pengguna, fakta bahwa Apple dan Google termasuk teknologi yang dimasukkan ke dalam perangkat lunak kemungkinan akan melihat adopsi yang lebih luas, dengan manfaat tambahan karena tidak harus bergantung pada aplikasi terpisah.

Google telah mengungkapkan bahwa teknologi ini akan tersedia pada model Pixel dan Samsung Galaxy tertentu akhir tahun ini. Google, Apple, dan Samsung adalah bagian dari Car Connectivity Consortium, yang juga mencakup BMW, GM, Honda, Hyundai, dan Volkswagen.(ant)

Pos terkait