KOTA SUKABUMISUKABUMI

Terminal Bus Sukabumi yang Mewah Itu Senilai Rp 800 Miliar

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Terminal bus yang berada di Jalan KH Ahmad Sanusi Sukabumi akan direvitalisasi menjadi terminal terpadu transit oriented development (TOD) oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal tersebut membutuhkan anggaran sekira RP 800 miliar.

“Nanti terminal Sukabumi akan diubah jadi modern, nanti ada hotel di situ, mall, kata Direktur Prasarana Transportasi Darat Risal Wasal, Jumat (08/11/2019).

Risal mengungkapkan, investor pengembangan terminal bus Sukabumi adalah perusahaan swasta asal Batam dan punya terminal yang pengelolaannya sama di Singapura. Namun, dirinya tidak bisa menyebutkan identitas jelasnya.

Kerjasama ini akan dilakukan dalam skema kerja sama pemanfaatan (KSP) dengan konsesi selama 30 tahun.

Saat masa konsensi pengelolaan habis, lanjut Risal, seluruh fasilitas barang milik negara (BMN) tersebut dikembalikan ke pemerintah.

Konsep TOD memang sedang gencar diterapkan dalam pengembangan bandara dan terminal. Alasannya, hal tersebut akan menarik orang untuk datang meramaikan bandara atau terminal, karena di sana tersedia banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan.

“Nanti akan dibangun perkantoran, mall, hotel, sehingga akan jadi captive market di sana,” ujar Risal.

(lp6/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *