Pemerintah Kota SukabumiSUKABUMI

S-mart dan Sukabumi Kece Diklaim Entaskan Kemiskinan

CIKOLE – Sukabumi Mart dan Kelurahan Entrepreneur Centre (Kece) menjadi program untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Sukabumi. Hal itu, disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami dalam Rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Jawa Barat.

Di Kota Sukabumi upaya untuk menekan angka kemiskinan ini dilakukan melalui berbagai pogram dan menciptakan sektor-sektor ekonomi produktif, diantaranya dengan menciptakan S-Mart dan Sukabumi Kece.

“Beberapa program, seperti halnya S Mart dan Sukabumi Kece menjadi program unggulan pengentasan kemiskinan,” jelasnya belum lama ini.

Program S Mart, S-Mart yang dibentuk di setiap kelurahan, untuk lebih memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan dan mengembangkan usaha koperasi.

“Sedangkan, Sukabumi Kece sebagai pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi,” terangnya.

Adapun tujuan dari program itu, supaya kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan merata, serta angka kemiskinan di Kota Sukabumi bisa terus menurun. “Melalui Rakor TKPKD ini, dapat melahirkan berbagai program untuk menekan angka kemiskinan,” tutupnya.

Sebelumya, Wakil Gubernur Jawa Barat memaparkan data pusat statistik terkait kemiskinan di Jawa Barat, yakni pada tahun 2018, angka kemiskinan di Jawa Barat sebanyak 7,54 persen dari jumlah penduduk 3,61 juta jiwa, dan pada tahun 2019 turun menjadi 6,91 persen dari jumlah penduduk 3,4 juta jiwa.

Ditandaskannya, berbagai upaya dan program yang bersinergis dan berkesinambungan, telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota se Jawa Barat, dalam menekan angka kemiskinan. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan