70 Persen RTLH Kota Sukabumi Selesai Dibangun, Total Sebanyak 1.339 Unit

  • Whatsapp
Proses pembangunan RTLH di Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum.

SUKABUMI — Sebanyak 70 persen Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari total 1.339 unit sudah selesai dikerjakan. Rehab rumah tersebut merupakan bantuan dari program pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat dengan anggaran sebesar Rp17.500.000/ unit atau jumlah anggaran total keseluruhannya mencapai Rp23 miliar lebih.

Kasi Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPUPRPKP2) Kota Sukabumi, Rilda Kardian mengatakan, pada 2020 ini DPUPRPKP2 mengajukan bantuan kurang lebih 2.000 unit RTLH.

Bacaan Lainnya

Namun, yang terealisasi hanya 1.339. “Bantuan pembangunan RTLH ini dari tiga program yakni, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dan DAK Perumahan Swadaya dari Kementrian PUPR. Sedangkan satu program lagi dari RTLH Bangub,” kata Rildan kepada Radar Sukabumi, Selasa (17/11).

Menurutnya, proses pembangunan hingga saat ini baru mencapai sekitar 70 persen. Sisanya masih menunggu pencairan anggaran yang saat ini tersendat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). “Targetnya diakhir Desember mendatang proses pembangunan RTLH ini bisa 100 selesai. Kami masih menunggu anggaran dari Provinsi Jabar yang belum cair,” ujarnya.

Jumlah penerima bantuan RTLH ini, lanjut Rildan, hampir merata diseluruh kelurahan. Adapun, kurang lebih 100 bantuan RTLH yang dialihkan karena calon penerima manfaat sudah mendapatkan bantuan dari instansi lain dan ada juga yang sudah diperbaiki secara mandiri.

“Karena bantuan RTLH ini harus tepat sasaran sehingga ada kurang lebih 100 bantuan dialihkan ke warga lainnya rumahnya tidak layak huni,” ungkapnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *