BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Warga Cimapag Kecamatan Cisolok Gotong Royong Pasang Pipanisasi

CISOLOK – Ratusan warga Kampung Cimapag dan Gunung Uwek, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, menggelar gotong royong untuk pemasangan pipanisasi, kemarin (13/11). Ini dilakukan warga untuk memenuhi kebutuhan pengadaan air bersih.

Pasalnya, sejak wilayah tersebut diterjang bencana longsor hingga menewaskan puluhan warga yang terjadi beberapa bulan lalu, juga berakibat kesulitan air bersih. Sesepuh Kasepuhan Sinar Resmi, Abah Asep Nugraha mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih maka ratusan warga yang tergabung dalam Forum Keserasian Sosial “Sinar Resmi” ini, langsug menyelenggarakan kerja bakti dengan memasang pipa untuk pengaliran air bersih dari mata air Citalahab dan mata air Cirendeng ke tempat penampungan umum sepanjang 4,5 kilometer.

“Alhamdulillah, warga di Kampung Cimapag dan Kampung Gunung Uwek yang terdampak bencana longsor, telah mendapatkan program keserasian sosial dari Kementrian Sosial RI berupa sarana air bersih.

Sehinggga, nantinya warga di kampung tersebut diharapkan tidak lagi mengalami kesulitan air bersih,” jelas Abah Asep kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, kemarin (13/11).

Bantuan dari Kementrian Sosial ini, sambung Abah Asep, sangat bermanfaat bagi warga Kedusunan Cimapag. Terlebih lagi, program tersebut langsung ditujukan dan manfaatnya dirasakan secara langsung oleh warga terdampak dari bencana longsor tersebut.

“Lebih dari tiga bulan ratusan warga di Kedusunan Cimapag mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan mandi, mencuci dan lainnya, warga di sini harus rela berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air bersih,” bebernya.

Ketua Forum Keserasian Sosial, Saragosa Gia (30) mengatakan, air yang diambil dari mata air Citalahab dan mata air Cirendeng ini, akan ditampung ke dalam bak penampungan umum yang dibagi menjadi empat penampungan. Yakni, dua bak index dan dua bak reservoir.

“Semua air yang ditampung di empat bak penampungan ini akan didistribusikan untuk ratusan warga di Kampung Cimapag dan Kampung Gunung Uwek,” katanya.

Pihaknya mewakili seluruh warga di Kampung Cimapag dan Kampung Gunung Uwek mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang sudah peduli dan membantu warga terdampak dari bencana longsor untuk mendapatkan air bersih.

“Bantuan ini, sangat bermanfaat bagi warga. Iya, air bersih ini akan dimanfaatkan sebanyak 30 kepala keluarga Kampung Cimapag khususnya para korban bencana longsor dan sekitar 40 kepala keluarga di Kampung Gunung Uwek,” pungkasnya. (den/d)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button