Saat Ramadan, Vakisnasi Covid Dilakukan Malam Hari, ini Alasannya

  • Whatsapp
VAKSINISASI : Vakinasi yang dilakukan ramadan terhadap Lansia dia Desa Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu pada Sabtu malam lalu

SUKABUMI — Kendati vaksinasi diperbolehlan dilakukan pada siang hari pada saat ramadan, namun rupanya para lansia di Kabupaten Sukabumi memilih untuk diberikan suntikan imunisasi covid-19 setelah selesai teraweh. Padahal dalam SE Kemenkes telah disampaikan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman menejalaskan, vaksinasi pada ramadan tetap berjalan, hanay saja waktu yang paling cukup diminati adalah apda malam hari. Padahal, sebenarnya divaksin apda siang hari tidak membatalkan puasa.

Bacaan Lainnya

“Vaksinasi tetap berjalan seperti biasaya, saat ini sasarannya adalah para lansia, tapi memang mayoritas memilih waktu malam walaupun ada juga yang melakukannya pada siang hari. Soalnya memang dalam SE kemenkes yang diperkuat oleh Fatwa MUI bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa,” jelas Andi kepada Radar Sukabumi saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

Adapun jam layanan vaksinasi di Kabupate Sukabumi mulai mulai pagi 07: 00 sampai dengan 09.00 atau malam setelah ibadah tarawih. Sedangkan vaksinasi dilakukan di 66 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 58 puskesmas dan 8 rumah sakit.

“Hampir di semua Faskes bisa dilakukan vaksinasi, baik itu pada siang ahari maupun pada malam hari. Misalkan saja ang dilakukan pada 59 lansia di Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu pada Sabtu malam lalu,” sebutnya.

Andi menambahkan, rencananya Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Sukabumi akan melaksanakan vaksinasi masal pada 8 Mei 2021 bekerjasama dengan alumni UNPAR Bandung. Targetnya, setiap hari pada vaksinasi massal tersebut terjaring 500 orang sehingga perepatan vaksinasi bsia dilakukan.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *