Temu Bisnis IKM Logam Perkakas Pertanian dan Permesinan Teknologi Tepat Guna Kabupaten Sukabumi

  • Whatsapp

SUKABUMI – Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA), Kementerian Perindustrian, menyelenggarakan kegiatan temu bisnis secara daring bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam dan Permesinan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/10/2020).

Plt. Direktur Industri Kecil dan Mengengah (IKM) Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, E. Ratna Utarianingrum, memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan “Temu Bisnis IKM Logam Perkakas Pertanian dan Permesinan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kabupaten Sukabumi” yang turut dihadiri oleh Kepala Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sukabumi, Drs. Aam Amar Halim.

Bacaan Lainnya

“Saat kondisi new normal ini kita sadar bahwa untuk memulihkan perekonomian nasional ialah dengan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, oleh karena itu produsen dalam hal ini IKM perlu diberikan kesempatan untuk melakukan pendekatan kemitraan baik dengan Pemerintah Daerah maupun dengan BUMN.

Hal ini diperlukan untuk membuka wawasan dari user bahwa produk dalam negeri memiliki kualitas yang bersaing dengan produk impor”, tegas Ratna.

Ratna menambahkan, kemitraan sangat dinantikan oleh IKM, karena umumnya pemasaran yang dilakukan tidak menentu, melalui kemitraan muncul kepastian dalam penyerapan produk, hal ini tentu dapat memicu semangat dari IKM dalam berusaha.

Di sisi lain kemitraan yang terjalin akan mengarahkan IKM untuk bekerja secara profesional karena tuntutan dari mitra kerja yang mensyaratkan pemenuhan dari sisi legalitas maupun standard.

“Melalui kesempatan kali ini saya berharap menjadi saat yang tepat bagi IKM untuk mengetahui syarat yang dibutuhkan untuk bermitra dalam pengadaan di Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi maupun BUMN.

Sudah sewajarnya kita mengetahui dari mana asal produk yang kita beli sehingga kita dapat mengarahkan semaksimal mungkin untuk penggunaan produk dalam negeri dalam melakukan substitusi impor produk dari perkakas pertanian hingga permesinan teknologi tepat guna.”tambah Ratna.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, Ratna berharap setelah pelaksanaan Temu Bisnis ini semoga dapat terjalin kemitraan pada IKM baik melalui proses pengadaan di Pemda maupun dengan BUMN dan tak lupa mengingatkan mengingatkan untuk terus menjalani protokol kesehatan khususnya selama pelaksanaan kegiatan temu bisnis ini.

Sementara itu, Akhmad Riyadi dalam sambutannya mewakili Sekda Kabupaten Sukabumi menyampaikan pesan ucapan terima ksih kepada Ditjen IKMA yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan bahwa selama covid 19 ini telah banyak memberi bantuan kepada masyarakat sukabumi kami ucapkan apresiasi yang tinggi dan rasa terima kasih yang besar semoga perhatian kementrian dan kawan-kawan tidak berhenti sampai dsini dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh IKM Logam dan permesinan serta bisa menjalin kerjasama terus kedepannya.

Aam Amar Halim menambahkan bahwa potensi perkakas pertanian atau perkebunan dan permesinan di kab.sukabumi yakin dapat bersaing ditingkat nasional sampai internasional. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *