Pemkab Sukabumi Luncurkan Program Gertac 19

  • Whatsapp
Pemerintah Kabupaten Sukabumi menginisiasi program Gerakan Tangkal Covid 19 (Gertac 19).

SUKABUMI- Pemerintah Kabupaten Sukabumi menginisiasi program Gerakan Tangkal Covid 19 (Gertac 19).

Kegiatan tersebut, terintegrasi kedalam upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan pandemi corona serta dimantapkan bersama berbagai unsur terkait dan melibatkan berbagai pihak di semua tingkatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan, Harun Alrasyid mengatakan, Gertac 19 merupakan inovasi yang akan dijalankan dalam percepatan penanganan dan penanggulan covid 19 dari hulu hingga hilir.

Penanganan covid 19 harus segera tertuntaskan dengan baik. Maka dari itu, dirinya mengaja seluruh elemen yang ada di seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak bersama.

“Program ini dari Dinkes hingga Puskesmas. Gertac 19 akan dilaksanakan segera. Nanti yang menjalankan semua unsur terkait. Mulai dari puskesmas, desa, kelurahan, dan Posyandu,” jelasnya, Jumat (11/9).

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menambahkan, program tersebut memudahkan sosialisasi gertac 19 kepada masyarakat.

“Manfaatkan saja jaringan seperti Puskesmas hingga Posyandu dalam sosialisasi. Selain itu, biasakan pembahasan program dilakukan seperti rapat bareng dengan semua pihak ini,” tambahnya.

Marwan berharap, peristiwa Pandemi covid 19 harus dijadikan pengalaman dan guru terbaik. Untuk itu, Marwan menyatakan bahwa program peningkatan kualitas layanan di bidang kesehatan harus jadi agenda kedepan.

“Ketika diberi cobaan covid 19, tidak hanya berpikir dari sisi masalah saja. Namun harus menjadi motivasi ke depan dalam mencari gagasan pelayan kesehatan yang lebih baik. Terutama dalam mengadapi kondisi yang kurang baik,” ucapnya

Untuk itu, Marwan menyatakan bahwa program peningkatan kualitas layanan di bidang kesehatan harus jadi agenda kedepan.

“Berkaca dari covid 19, program yang terpikir ialah rumah sakit harus menjadi perhatian utama. Harus dipikirkan buat ke depannya mengenai alat, ruangan, hingga SDM yang dimiliki,” ungkapnya

Bahkan, Puskesmas harus benar benar menjadi pusat layanan kesehatan di setiap wilayah.

Apalagi jumlah Puskesmas yang relatif banyak di Kabupaten Sukabumi.Kondisi tersebut diyakini akan menjadikan masyarakat merasa nyaman dengan hadirnya fasilitas kesehatan yang memadai.

“Puskesmas harus disiapkan menjadi mandiri dalam melayani kesehatan di wilayah, sehingga, layanan prima pemerintah kepada rakyatnya bisa terjawab,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *