Pemkab Sukabumi

Pegawai ASN Kota Sukabumi Gunakan Batik

KOTA SUKABUMIHari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, menjadi perhatian dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sendiri, semua ASN dan non-ASN kompak mengenakan pakaian batik dalam menjalankan aktivitasnya.

“Iya Hari ini kita gunakan baju batik dalam rangka peringatan hari batik nasional,” ujar Kepala Seksi Humas Setda Kota Sukabumi, Ross Prisatianasari saat ditemui di ruangannya, Rabu(2/10).

Dirinya mengungkapkan bahwa penggunaan batik ini merupakan kesadaran bersama untuk melestarikan warisan budaya Indonesia. Meskipun hal tersebut sudah menjadi tradisi tahuanan setiap tanggal 2 Oktober. “Ini juga merupakan bentuk kesadaran dan penghargaan kita kepada warisan budaya dunia yang ada di Indonesia yaitu batik,” jelasnya.

Disebutkan juga, batik Indonesia telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi oleh UNESCO. Untuk itu seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah wajib menggunakan batik tersebut.

Tak hanya itu, para pegawai swasta, anggota DPRD Kota Sukabumi hingga anak sekolah pun menggunakan pakaian batik. “Pakai batik itu bagus sebagai rasa cinta produk Indonesia,” salah satu pegawai Setwan yang enggan disebutkan namanya.

Hanya saja, menggunakan batik ini jangan sampai hanya sebatas seremonial saja. Tapi apa yang menjadi warisan negeri ini harus bisa disosialisasikan juga kepada masyarakat secara luas. ” Pakai batik bisa dihari apa saja, terpenting nilai-nilai atau pesannya itu harus bisa tersampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *