Pemkab SukabumiSUKABUMI

Kemenperin dan DPESDM Kabupaten Sukabumi, Berikan Bantuan Mesin Teknologi

SUKABUMI — Direktorat Jenderal Kecil dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI bersama Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, menyalurkan bantuan mesin Teknologi Tapat Guna (TTG) serta mesin peralatan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Sentra Industri Logam Sukabumi, Senin (5/11).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan kualitas produk industri kecil dan menengah (IKM) nasional agar semakin berdaya saing global di tengah persaingan yang semakin kompetitif saat ini. Program strategis yang telah dilakukan, antara lain memberikan bantuan fasilitas mesin dan peralatan guna memanfaatkan teknologi modern agar lebih produktif sekaligus usahanya bisa ekspansif.

Bantuan tersebut, langsung diberikan Direktur Industri Kecil dan Menengah Logan, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (IKM LMEA), Endang Suwartini kepada dua IKM Permesinan TTG yakni CV Hade dan CV Abadi Teknik. Sedangkan, fasilitasi mesin peralatan ini diberikan untuk satu Kelompok Usaha Bersama Maju Mandiri.

Kemenperin danDPESDM Beri bantuan mesin - Kemenperin dan DPESDM Kabupaten Sukabumi, Berikan Bantuan Mesin Teknologi
Kepala Dinas DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim fasilitasi mesin peralatan untuk KUB Maju Mandiri.

Direktur IKM LMEA, Endang Suwartini mengatakan, fasilitasi yang diberikan Kemenperin kepada IKM dapat memiliki peran penting dalam rantai pasok produksi pada industri besar.

“Di sisi lain, mesin TTG yang dihasilkan oleh IKM memiliki kualitas yang bersaing di pasaran, sehingga semakin banyak konsumen yang mengutamakan produk dalam negeri. Kami berupaya mendorong pengembangan dan penguatan daya saing industri demi memicu peningkatan hasil pengolahan sumber daya alam di Jawa Barat dan sekitarnya,” kata Endang kepada Radar Sukabumi, Senin (5/11).

Menurut Endang, dengan adanya test report mesin TTG masyarakat tidak perlu meragukan kualitas mesin yang dihasilkan oleh IKM di Kabupaten Sukabumi. “Karena test report mesin ttg ini agar mesin yang dihasilkan IKM dapat berkualitas,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim menuturkan, fasilitasi ini salah satu bentuk upaya dinas dalam mendukung IKM Logam. Apa yang IKM keluhkan akan terus ditampung dan dikomunikasikan dengan pihak kementerian.

“Secara pribadi, maupun kedinasan berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat. Dengan bantuan ini IKM mudah-mudahan bisa bermanfaat dan usahanya semakin maju serta berkembang,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya fasilitasi ini bisa mensejahterakan masyarakat dan juga bisa kembali menularkannya di lingkungan masyarakat luas sehingga tidak hanya yang mendapatkan fasilitasi itu saja, tetapi juga masyarakat Sukabumi umumnya.

“Manfaatkan bantuan ini dan pelihara sebaik-baiknya. Kami juga tidak berhenti sampai di sini dalam mendukung IKM Logam, rencananya tahun depan masih ada bantuan lain untuk IKM di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (bam)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *