Kecamatan Tegalbuleud Bangun SAB dan Penataan Sejumlah Wisata

  • Whatsapp
Sejumlah pegawai Kecamatan Tegalbuleud di ruang pelayanan kecamatan.

RADARSUKABUMI.com – Bantuan P3K 2019 untuk Kecamatan Tegalbuleud dimanfaatkan untuk pembangunan SAB dan penataan sejumlah wisata lokal, Kesik Urug dan Curug Bolenglang.

Laporan : Koswara Dikusumah

Bacaan Lainnya

Kasi PMD Kecamatan Tegalbuleud, Encep Muharram yang mewakili Camat Tegalbuleud, Antono menerangkan bantuan P3K 2019 untuk Kecamatan Tegalbuleud direalisasikan untuk mewujudkan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Rambay dengan membangun bak penampungan air serta pipanisasi.

“Alhamdulillah sudah pembangunannya sudah terealisasi.

SAB ini, peruntukkannya untuk di atas 30 kepala keluarga di Desa Rambay,”ucap syukurnya.Selain merealisasikan SAB di Desa Rambay pihaknya melalui kelompok masyarakat juga mewujudkan penataan wisata lokal Kesik Urug di Desa Buniasih sekitar lima kilometer ke arah barat. Jenis wisatanya berbentuk muara.

Apa yang ditata?

Encep yang juga dibantu sejumlah staf Kecamatan Tegalbuleud menerangkan, yakni pengaspalan, Tembok Penahan Tanah (TPT), dan gapura.

“Pengerjaannya sudah 100 persen selesai,”katanya. Rencananya diharapkan tiap tahun penataannya. Selain itu ada Curug Bolenglang di Desa Nangela, yakni pengaspalan jalan menuju wisata. (*)

Kembangkan Samak Pandan juga Wisata Muara

Kasi PMD Kecamatan Tegalbuleud, Encep Muharram yang mewakili Camat Tegalbuleud, Antono menyebutkan ada delapan desa yang dibawahi Kecamatan Tegalbuleud. Kedelapannya antara lain, Desa Nangela, Sumberjaya, Buniasih, Tegalbuleud, Calincing, Rambay, Bangbayang, dan Sirnamekar.

Melihat potensi di Kecamatan Tegalbuleud, Encep yang dibantu sejumlah staf antara lain ada gula merah yang merata di tiap desa, kemudian ada kapolaga di Desa Bangbayang. Lalu ada juga pengrajin samak dari pandan di Desa Buniasih dan Tegalbuleud.

“Ada juga potensi hasil laut, seperti kepiting, yuyutug, dan lobster di Desa Buniasih,”sebutnya. Kemudian Kecamatan Tegalbuleud juga memiliki Laut Tegalbuleud dan wisata Muara Cibuni di Desa Tegalbuleud dan Muara Cikaso di Desa Buniasih. (*)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *