Kecamatan

Dua Kawasan Wisata Kecamatan Caringin Ditata

Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi

Bantuan P3K di Kecamatan Caringin dimanfaatkan untuk merealisasikan penataan Kawasan Wisata Desa Cikembang dan Seseupan serta pembangunan Sarana Air Bersih.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Realisasi bantuan P3K pada 2019 diberdayakan untuk dua kegiatan yang menurut Camat Caringin, Anwari, S.Sos, MM bersama Kasi Sarpras Ina Suryani pertama Penataan Kawasan Wisata di Desa Cikembang dan Seseupan. Di samping itu membangun SAB.

Ia menyampaikan untuk Penataan Kawasan Wisata Cikembang adalah penataan Kawasan Wisata Pangapungan di tanah seluas sekitar 16 Ha hibah dari PT Nepati.

Menurutnya di tanah tersebut melalui bantuan P3K nntinya akan terwujud down hill atau sepeda alam, spot selfie, juga dibangun campign ground.

“Selain itu melalui bantuan P3K juga akan diwujudkan gazeebo, embung desa atau aitu, dan Wisata Edukasi Pertanian,” katanya kepada Radar Sukabumi beberapa waktu lalu.

Pada Wisata Edukasi Pertanian nantinya masyarakat atau wisatawan bisa membeli sayur mayur di lokasi seperti mentimun, kacang panjang, wortel,dan lain sebagainya.

” Penataan ini dikerjakan oleh Pokmas Raharja dan saat ini Masih dalam tahap memulai pembangunan,”katanya.

Selanjutnya ada penataan Kawasan Wisata Desa Seseupan adalah dengan menata wisata air yakni penataan situ dan rencananya juga ada untuk pemancingan desa pemancingannya.

Selain penataan kawasan wisata yang diharapkan terwujud sampai 2021 melalui bantuan P3K, anggaran P3K 2019 juga dipergunakan untuk pembangunan SAB menggunakan lima titik bak penampungan air dengan pipanisasi sepanjang 1,2 Km dari sumber air. Menurutnya SAB tersebut bisa dimanfaatkan penduduk di dua desa.

Camat berharap kelak dengan realisasi Penataan Wisata di dua desa yang dibiayai dari anggaran P3K tersebut pertama, mempunyai ikon wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dgn menjual produk pertanian dan perikanan.

Kedua, pembangunan infrastruktur yg memadai karena kendala di kita jalan yg lebarnya agak sempit ada penataan pembangunan jalan memadai.

Ketiga, peningkatan pendapatan PAD desa bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Daerah Berpotensi Pertanian, Perikanan Air Tawar, dan Wisata Lokal

Camat Caringin, Anwari, S.Sos, MM
Camat Caringin, Anwari, S.Sos, MM

Camat Caringin, Anwari, S.Sos, MM menerangkan Kecamatan Caringin memiliki sembilan desa antara lain, Talaga, Mekarjaya Caringin Kulon, Caringin Wetan, Cijengkol, Sukamulya, Pasir Datar Indah, Cikembang, dan lain sebagainya.

Camat Caringin, Anwari, S.Sos, MM menerangkan Kecamatan Caringin memiliki potensi di sektor pertanian sayur mayur yang ada di Pasir Datar Indah, Sukamulya, dan Seseupan.

Selain itu, Kecamatan Caringin juga berpotensi penduduknya mengembangkan perikanan air tawar seperti ikan hias koi, mujair, dan pembibitan ikan hias arwarna.

Potensi selanjutnya di wilayah Kecamatan Caringin menurutnya Wisata Situ Jen di Desa Sukamulya, Wisata Alam pohon pinus di Desa Seseupan, yg mau dibuka wisata alam Pasir Datar Indah di Kampung Baru Geulis ada camping ground dan batu bedil/batu panoongan. (dit)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button