2019, Rancang Wisata Lokal Penunjang Pariwisata Gunung Salak-Halimun

  • Whatsapp
kantor depan Kecamatan Bojonggeteng

KECAMATAN BOJONGGENTENG, KABUPATEN SUKABUMI

Pada 2019, pihak Kecamatan mempersiapkan rancangan untuk merealisakan pembangunan sektor wisata lokal untuk menunjang pariwisata Gunung Salak-Halimun.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Read More

Camat Bojonggenteng, Anwari menyampaikan program yang akan dimajukannya untuk 2019 adalah berbasis wisata. “Untuk mendukung Wisata Gunung Salak-Halimun,” katanya beberapa waktu lalu kepada Radar Sukabumi.

Apa saja program tersebut? Ia menyebutkan, pertama, penataan Taman Wisata Kolecer di Desa Bojonggaling tepatnya di Kampung Pasir Haur. ” Di sana terdapat bukit dengan kincir anginnya,”katanya yang juga mengatakan jarak bukit Kolecer dengan kantor Kecamatan Bojonggenteng sekitar delapan kilometer.

Camat menambahkan wisata kedua yang akan dibuat pihaknya adalah membangun Rumah Makan di Alam (bernuansa alamat) di Kampung Bojonggenteng Desa Bojonggenteng yang jaraknya sekitar satu Km dari kecamatan.

“Wisatawan dapat menikmati Rumah Makan di alam terbuka (sembari) memetik sayur mayur, “katanya.

Ikon Virus atau Vikir Diurus senantiasa dikedepankan pihaknya, yakni dengan menanam di pekarangan di lima desa dan Taman Kolecer.

Virus, kata Camat tidak dianggarkan karena pemberdayaannya dikelola Fokus Kadewi (Forum Komunikasi Desa Wisata Kec Bojonggenteng di mana tidak ada anggaran melainkan full swadaya bersifat pemberdayaan masyarakat).

Program ketiga, yakni menurutnya penataan untuk program P2WKSS di Desa Berkah, yakni dengan merealisasikan Taman Wisata Buah Durian.
Program selanjutnya adalah bantuan P3K yang diperuntukkan untuk mendukung dan membangun destinasi wisata yang mensupport Wisata Gunung Halimun dan Salak.

Adapun di samping program untuk 2019, camat juga menerangkan pihaknya melakukan penerapan pelayanan publik tiap UPT yang terintegrasi dengan sentralnya di kantor Kecamatan Bojonggenteng.

Pelayanan tersebut, yakni dengan menempatkan berbagai perwakilan UPT, seperti dari pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya yang diposisikan di kantor kecamatan. Dengan demikian memudahkan dalam pelayanan kepada masyarakat. (*)

Berpotensi Kembangkan UKM Palet, Komoditas Duku dan Durian, dan Pertanian Unggul

Kecamatan Bojonggenteng membawahi lima desa, antara lain, Desa Bojonggenteng, Berkah, Bojonggaling, Cibodas, dan Cipanengah.

Menyoroti potensi yang ada di Kecamatan Bojonggenteng, ada beberapa yang tampak antara lain, potensi unggulan industri rumah tangga, yakni pembuatan palet yang hampir merata di tiap desa terutama, Desa Bojonggenteng, Cibodas, dan Berkah.

Camat Bojonggenteng, Anwari

Palet semacam produk dari bahan kayu yang lazimnya dipakai untuk wadah telur dan lain sebagainya. Di samping palet di Kecamatan Bojonggenteng juga menurut Camat Bojonggenteng, memiliki potensi tanaman untuk buah duku yang tersebar di Desa Bojonggenteng, Bojonggaling, dan Berkah.

“Juga memiliki potensi pertanian yang unggul di Desa Cipanengah dan Cibodas,”terangnya. (dit)

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *