Pemkab Sukabumi

Festival Durian Kecamatan Kalapanunggal, Bupati: Jadikan Momentum Kebangkitan Petani

SUKABUMI – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami membuka Festival Durian Kecamatan Kalapanunggal yang dilaksanakan di kawasan Agromina Wisata Jayawangi Farm Desa Gunungendut Kecamatan Kalapanunggal, Senin (24/2/2020).

Festival durian juga dimeriahkan oleh marching band tampilan siswa siswi SMP Negeri 2 Kalapanunggal, adapun tujuan kegiatan adalah menjalin silaturahmi antar petani dan pedagang durian serta para stakeholder.

Bupati Sukabumi menyampaikan, Kabupaten Sukabumi dianugerahi Allah SWT dengan sumberdaya alam yang melimpah, keindahan alam yang mempesona, serta tersimpan potensi wisata alam yang menakjubkan berupa, Gunung, Rimba, Laut, Pantai dan Sungai (Gurilaps) juga keragaman Seni dan Budaya, Potensi ini merupakan aset sumberdaya alam dan warisan budaya yang tak ternilai harganya dan menjadi ciri khas eksistensi kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi.

“Kita harus mempunyai terobosan untuk mengawali kebangkitan petani di Kabupaten Sukabumi, potensi yang dimiliki ini harus didorong menjadi penyemangat karena anugrah alam ini harus kita kelola secara baik” ungkap Bupati

Menurutnya, semua harus termotivasi dan memiliki daya saing khususnya dibidang pertanian sebagai sektor strategis yang menjamin kehidupan sampai kapanpun

“Di zaman kemajuan teknologi seperti apapun kebutuhan hidup manusia ada di pertanian bukan di teknologi digital”, tegasnya.

Loading...

“Kita perlu teknologi digital, tetapi harus menjadi satu keyakinan bahwa kehidupan ini akan terus membutuhkan pangan yang ketersediaannya harus terus terjamin”, pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kalapanunggal, Arif Solihin memaparkan potensi di Kecamatan Kalapanunggal

“Kegiatan ini terinspirasi dari lagu Mars Sukabumi di mana kami masyarakat Kecamatan Kalapanunggal dengan petani bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan, festival buah durian merupakan refresentasi semangat itu, selain buah durian Kalapanunggal juga mempunyai potensi Vanili yang bisa dikembangkan”, terangnya.

Menurut Ujang Hamdan selaku panitia penyelenggara, kegiatan festival buah durian ini dilaksanakan selama 1 minggu dimulai dari tanggal 23 s/d 29 Februari. Dan diikuti perwakilan 7 desa diwilayah Kecamatan Kalapanunggal termasuk pengusaha UMKM pengrajin dan Perdagang umum dan ada kurang lebih 40 stand.

“Jenis kegiatan dalam festival ini diantaranya, kontes buah durian, lomba olahan durian, pelatihan durian teroid, lomba makan durian dan berbagai kegiatan lainnya”, ungkapnya.

Dalam acara tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima Cindramata dari Panitia Festival Buah durian lokal Kecamatan Kalapanunggal, KNPI dan Komunitas Hibar Desa Palasari.

Usai acara, Bupati Sukabumi meninjau masing masing stand pameran yang ditampilkan oleh tiap Desa se Kecamatan Kalapanunggal. Di salah satu stand pameran H.Marwan Hamami menikmati durian lokal bersama awak media yang hadir dalam acara tersebut. (*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button