DPPKB Kab Sukabumi

Puluhan Warga Ikut Bimtek UPPKS

SUKABUMI — Sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan dan kemandirian ekonomi keluarga, puluhan warga Kabupaten Sukabumi mengikuti bimtek kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Vila Yustik, Kecamatan Sukabumi, akhir pekan ini (6/4).

Kasi Advokasi Pergerakan Institusi Masyarakat, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi, Syarifuddin mengatakan, UPPKS merupakan wadah pemberdayaan ekonomi keluarga, terutama keluarga pra sejahtera.

Untuk itu, kelompok UPPKS kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi, diberikan pemahaman untuk meningkatkan pemahamannya dalam menanggulangi kemiskinan.

“Para peserta ini, selain mengikuti bimtek UPPKS, juga diberikan Alat Teknologi Tepat Guna (ATTG) sesuai dengan kebutuhan produksi masing-masing desa,” kata Syarifuddin kepada radarsukabumi.

Kegiatan bimtek ini, sambung Syarifuddin, sangat penting dilakukan. Lantaran, kelompok UPPKS ini merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Anggota kelompok UPPKS adalah peserta Keluarga Berencana (KB). Untuk itu, mereka selalu kami bina dalam membuat produk-produk rumah tangga. Seperti, keripik, amplang, kue sagu, minyak kelapa serta produk anyaman kerajinan lain-lainnya,” imbuhnya.

Pendampingan kelompok UPPKS, sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha, baik untuk warga yang sudah memiliki usaha, maupun warga yang belum memiliki usaha sama sekali.

“Hal ini, dilakukan dalam upaya DPPKB untuk menunjang ekonomi keluarga. Sehingga, mereka dapat menambah penghasilan keluarganya melalui program UPPKS ini,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button