DPPKB Kab Sukabumi

Petugas Pos KB Desa Digembleng

RADARSUKABUMI.com – Ratusan petugas Pos KB Desa se-Kabupaten Sukabumi mengikuti bimbingan teknksin (bimtek) Management Operasional Lini Lapangan (Moll) tingkat Kabupaten Sukabumi 2019 di salah satu villa yang ada di Kecamatan Sukabumi, belum lama ini.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi ini, dimaksudkan untuk meningtkatkan pengetahuan petugas Pos KB Desa tentang perkembangan kebijakan dan strategi program keluarga berencana.

DPPKB Kabupaten Sukabumi, Nasihuddin melalui Kepala Bidang Kelurga Sejahtera, Hendra mengatakan, bimtek yang diselenggarakan selama dua hari ini, sangat penting dilakukan. Lantaran, petugas Pos KB Desa merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Tujuan dari diselenggarakannya bimtek ini, untuk meningkatkan wawasan dan kinerja Pos KB Desa dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” kata Hendra kepada Radar Sukabumi.

Pengelolaan program KKBPK di Kabupaten Sukabumi, dinilai tetap kokoh. Hal tersebut menurutnya, bisa dibuktikan dengan sudah dibentuknya Kampung KB disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Pos KB merupakan salah satu wadah kegiatan program KKBPK di setiap desa yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sebab itu, dalam bimtek tersebut DPPKB Kabupaten Sukabumi menyampaikan sejumalah meteri. Dintaranya, materi berupa kebijakan program KKBPK, sinegritas lintas sektor dalam penguatan kampung KB dan materi tentang peningkatan kinerja pos KB desa melalui 6 peran IMP.

“Selama dua hari ini, mereka kami latih untuk bisa melakukan komunikasi agar mayarakat memahami program keluarga berencana,” timpalnya.

Menurutnya, peran Kader Pos KB Desa dinilai sangat penting. Terlebih lagi, saat ini kondisi jumlah penduduk di Kabupaten Sukabumi semakin bertambah banyak dan hampir mendekati 3 juta jiwa.

“Untuk itu, peran Pos KB Desa sangat menentukan dalam pengendalian jumlah penduduk saat ini,” imbuhnya.

Jumlah penduduk, ujar Hendra, sangat berpengaruh pada kesejahteraan, pendidikan serta terwujudnya keluarga yang berkualitas.

Untuk itu, diperlukan pengendalian penduduk melalui upaya pengaturan kelahiran, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan keikutsertaaan masyarakat dalam ber-KB.

“Saya berharap dengan terselenggaranya bimtek ini, para petugas Pos KB Desa yang ada di seluruh Kabupaten Sukabumi dapat terus bahu membahu dan bekerjasama. Sehingga dapat tercipta masyarakat Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,” pungkasnya. (Den)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button