DPPKB Kab Sukabumi

DPPKB Evaluasi Program MKJP

SUKABUMI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi, menggelar Bimtek evaluasi capaian penggarapan khusus Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non MKJP, Selasa (22/10).

Ini merupakan salah satu upaya dalam akselerasi pencapaian perserta Keluarga Berencana (KB) dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana DPPKB Kabupaten Sukabumi, Titin mengatakan, kegiatan yang diikuti puluhan kader KB sewilayah I Sukabumi ini untuk meningkatkan peran dan fungsi petugas KB dalam melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).

“Selain itu, bimtek ini juga dapat meningkatkan peran insitusi masyarakat yang berada di wilayah pedesaan,” jelas Titin kepada Radar Sukabumi, Selasa (22/10).

Dalam bimtek tersebut, puluhan kader diberikan pemahaman soal Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, akselerasi pencapaian peserta KB baru, Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) dan peningkatan kapasitas Penyuluhan dan Latihan Keluarga Berencana (PLKB) dalam melakukan KIE dan advokasi.

“Selain itu, mereka juga kami berikan pemahaman terkait penguatan komitmen melalui mekanisme operasional di lapangan,” bebernya.

Menurut Titin, Bimtek ini sangat penting dilakukan lantaran petugas KB di setiap desa merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah.

“Bimtek ini, selain untuk meningkatkan wawasan dan kinerja kader KB, juga untuk mensukseskan program DPPKB dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” timpalnya.

Untuk itu, dalam melaksanakan tugasnya dilapangan, seluruh kader harus secepatnya menginformasikan segala hal yang menyangkut kebijakan pemerintah, terutama dalam persoalan yang dihadapi di tengah-tengah masyarakat. Seperti kekurangan gizi, stunting maupun anak putus sekolah.

“Seluruh kader yang ada di setiap desa harus mampu mencermati setiap kejadian dan mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Ia berharap dengan terselenggaranya Bimtek ini, petugas KB yang ada di Kabupaten Sukabumi dapat terus bekerjasama dalam mensukseskan program KB, sehingga dapat tercipta masyarakat Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.

“Semoga Bimtek ini dapat meningkatkan capaian peserta KB baru, terutama daerah yang sulit dijangkau,” timpalnya.

Seorang Kader Pos KB Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Neng Susi mengatakan, Bimtek sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman petugas KB Desa dalam upaya menciptakan keluarga berkualitas, sejahtera, terbebas dari kemiskinan dan kebodohan.

“Sehingga diharapkan dapat tercipta SDM yang mandiri, berkualitas dan berkarakter,” pungkasnya. (Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *