BERITA UTAMADPMD Kab Sukabumi

221 Calkades di Kabupaten Sukabumi Gugur

SUKABUMI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 tinggal menghitung hari. Namun, dari semenjak pendaftaran sampai saat ini, sudah ada 221 calon kepala desa (calkades) yang berguguran.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, mulai dari tidak bisa melengkapi administrasi, tidak lulus uji kompetensi, tidak mengikuti uji tes kesehatan dan tes narkoba (selengkapnya di grafis).

“Bahkan, ada calkades yang mengundurkan diri juga,” tutur Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana kepada Radar Sukabumi, Minggu (10/11).

Dikatakan Tendy, saat ini jumlah calon kepala desa berjumlah 1019 orang. Saat ini, tinggal persiapan kampanye yang rencananya akan diselenggarakan pada 11 sampai 13 November mendatang.

Menurutnya, Panitia Pilkades bersama Pjs Kades dan Muspika yang akan mengatur jadwal kampanye. Sehingga, masing-masing calon akan memperoleh waktu dan kesempatan sama dengan pembagian tempat atau dusun untuk menyampaikan Visi dan Misinya.

“Kampanye calon kades ini akan berlangsung di 240 desa di 39 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi yang menggelar pilkades. Masa kampanye selama tiga hari tersebut, harus dimanfaatkan oleh calkades sebelum memasuki masa tenang dan pencoblosan pada 17 November 2019 mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menambahkan, dalam Pilkades ini, perlu antisipasi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi. “Tahapan ini berpeluang menimbulkan potensi kerawanan di tengah masyarakat yang pada akhirnya dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan Pilkades,” tuturnya.

Untuk itu, agar tahapan ini berjalan lancar, pemerintah daerah, TNI dan Polri sudah menyiapkan langkah-langkah dan ploting personel.

“Sebelumnya juga sudah dilaksanakan pembekalan dimasing-masing desa dan gelar pasukan di Polres Sukabumi untuk mempersiapkan pengamanan,” tambah orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini.

Marwan berharap, peran serta dukungan dari semua pihak untuk menciptakan situasi kondusif dan aman dalam pelaksanaan Pilkades nanti. Tahapan Pilkades serentak ini, harus benar-benar mendapatkan perhatian dari semua pihak.

“Sehingga, penyelenggaraannya berjalan dengan lancar serta menciptakan kondisi situasi yang aman tentram,” harapnya. (bam/t)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button