DISHUB

Tertibkan Izin Angkutan, Dishub Kabupaten Sukabumi Gencarkan Operasi

SUKABUMI – Dalam meningkatkan disiplin pengguna jalan dan kelaikan angkutan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi menggencarkan operasi lalu lintas di wilayah Kecamatan Surade belum lama ini.

Operasi ini, sengaja dilakukan selain untuk menertibkan angkutan sewa khusus (taksi) yang belum mengantongi izin. Dalam operasi ini, sejumlah petugas juga memeriksa semua kendaraan trayek baik angkutan umum, angkutan barang dan angkutan pribadi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat mengatakan, kendaraan yang melintasi ke kawasan Jalan Raya Kecamatan Surade telah dilakukan pemeriksaan berupa kelengkapan surat dan kondisi kendaraan.

“Operasi dilakukan bersama dengan pihak kepolisian yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut. Pada prinsipnya operasi dilakukan untuk menertibkan angkutan agar sesuai persyaratan administrasi dan angkutan laik jalan agar penumpang dapat dilayani dengan baik aman dan nyaman,” jelas Lukman kepada Radar Sukabumi, (1/3).

Menurutnya, di wilayah Selatan Sukabumi tepatnya di wilayah Kecamatan Surade telah ditemukan kendala. Salah satunya banyaknya taksi-taksi yang beroperasi tetapi tidak memiliki izin.

Karena akan berdampak kepada para pengusaha yang sudah memiliki izin. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, selain melakukan operasi juga melakukan pembinaan kepada para sopir dan pengusaha angkutan di wilayah Kecamatan Surade.

Adapun materi dalam pembinaan diantaranya memberikan pemahaman baik ke pengemudi maupun ke pengusaha akan hal SOP kaitan angkutan yang sesuai dengan regulasi yang ada.

“Insya Allah, rencananya Dishub akan melakukan operasi seperti ini di wilayah lainnya,” tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, operasi tersebut sengaja dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu  Lintas dan Angkutan Jalan, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang
Angkutan Jalan,  Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018  tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek,  Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018  tentang Angkutan Sewa Khusus, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 23 Tahun 2018  tentang Layanan Perizinan Angkutan Secara Online Pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat

“Saya berharap angkutan umum maupun angkutan orang, pada prinsipnya harus laik jalan. Ini perlu dilakukan untuk keamanan, kenyamanan, kesalamatan dan lainnya,” timpalnya.

Untuk itu, saat operasi petugas langsung melakukan screen terhadap semua kendaraan agar laik jalan.

Sementara bagi kendaraan yang belum melengkapi adiminstrasi, petugas menyarankan kepada para sopir maupun pengusaha segera menempuh perizinannya. Ini dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, bahwa perusahaan angkutan umum harus berbentuk dan memiliki badan hukum.

Seperti memiliki badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, perseroan terbatas maupun koperasi.

“Iya, kalau kendaraan yang sudah berizin, bila terjadi sesuatu yang tidak di harapkan. Seperti mengalami kecelakaan lalu lintas, mereka akan mendapatkan asuransi.

Tetapi kalau kendaraan yang tidak mengantongi izin, mereka tidak mendapatkan asuransi. Iya, ini kasihan kepada para penumpangnya,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button