DISHUBKABUPATEN SUKABUMI

Supir Bus Diincar Polisi

PALABUHANRATU — Untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas, tim gabungan Polres Sukabumi, Polisi Militer, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Dishub Provinsi Jawa Barat dan Jasa Raharja, melakukan uji kelayakan kendaraan umum dan angkutan barang di Terminal Tipe B Palabuhanratu, kamis (20/2).

Kanit Laka Lantas Polres Sukabumi, Iptu Nandang Herawan mengatakan, petugas melakukan satu per satu terhadap kendaraan bus jurusan Palabuhanratu-Bogor, Palabuhanratu-Sukabumi Kota dan minibus jenis elf jurusan Palabuhanratu-Bayah.

“Pengecekan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas terlebih menjelang Operasi Lodaya 2020,” kata Nandang melalui Paur Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman kepada Radar Sukabumi, kamis (20/2).

Hasil pengecekan tersebut, lanjut Aah, petugas tidak menemukan kendaraan yang tidak layak jalan tetapi, petugas menemukan satu orang pengemudi bus tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

“Semua kendaraan layak jalan, tapi kami menemukan satu sopir yang tidak memiliki SIM. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sopir tersebut diganti oleh pengemudi cadangan,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, sambung Aah, petugas mengimbau agar semua pengemudi bus melengkapi identitas pribadi seperti SIM, STNK dan KTP.

“Selain itu, pengemudi juga sebelum berangkat harus melakukan pengecekan kendaraannya terlebih dulu mulai dari, mengecek lampu, klakson, lampu rem, tidak menggunakan narkoba serta tidak menggunakan handphone saat mengemudikan kendraaan,” imbaunya.

Menurutnya, selain harus melengkapi surat kendaraan pengemudi juga di wajibkan untuk menggunakan kelengkapan keselamatan. “Hal ini untuk untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button