Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Bentuk Kader GISA Pramuka

  • Whatsapp
Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian saat mengikuti webinar Diskusi Ramadhan Gerakan Pramuka (DIRGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi membentuk Kader Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan Berbasis Komunitas. Komunitas yang menjadi sasaran kali ini adalah anggota Pramuka Kabupaten Sukabumi. Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Drs. Iwan Kusdian, MM dalam mengisi kegiatan Webinar Diskusi Ramadhan Gerakan Pramuka (DIRGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, menyerukan ajakan untuk menjadi Kader #GISA bagi para anggota Pramuka khususnya Penegak dan Pandega yang mengikuti Webinar melalui aplikasi virtual meeting.

“Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan adalah sebuah gerakan yang telah dicanangkan oleh Kementrian Dalam Negeri pada awal tahun 2019,” jelasnya, Senin (3/5/2021).

Bacaan Lainnya

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang Administrasi Kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien serta negara yang memiliki daya saing.

“Gerakan GISA ini untuk mewujudkan sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Sadar Pemutakhiran Data Pendudukan dan sadar Pemanfaatan Data Kependudukan serta Sadar Melayani Administrasi Kependudukan,” paparnya.

Untuk dapat mendukung gerakan tersebut, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi memiliki sebuah inovasi untuk dapat membangun ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan melalui pembentukan Kader #GISA Berbasis Komunitas.

“Sebagai pilot project, Kader #GISA akan dibentuk dari anggota Gerakan Pramuka. Seperti dijelaskan oleh Kepala Disdukcapil.

Saat ini kita baru dalam tahap sosilisasi dan penjajakan, selanjutnya akan dilaksanakan bimbingan teknis dan pembekalan calon Kader #GISA. mereka akan dibekali pengetahuan tentang berbagai jenis dokumen kependukan, selanjutnya prosedur dan persyaratan hingga alur pelayanan.

Dengan demikian ke depan diharapkan Kader #GISA yang dibentuk dapat menjadi influencer paling tidak di keluarganya, tetangga terdekatnya hingga ke lingkungan sekolahnya serta dapat membantu mengurus dokumen kependudukan sebagai salah satu upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat di dalam pelayanan publik.

“Kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pramuka adalah organisasi kepanduan yang diakui di seluruh dunia dan di Indonesia dipertegas kembali dengan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2012.

Selain itu dengan prinsip dasar sukarela serta adanya program pengabdian masyarakat pada Gerakan Pramuka menjadikan salah satu alasan kenapa Kader #GISA dapat dibentuk dari anggota Pramuka” bebernya.

Inisiator Pembentukan Kader #GISA Berbasis Komunitas, Redi TS Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Disdukcapil Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan Webinar tersebut juga dilangsungkan beberapa sesi diskusi terkait Dokumen Kependudukan, antusiasme para peserta cukup banyak dalam mengajukan pertanyaan dan mengadukan berbagai permasalahan seputar administrasi kependudukan, dari sekitar 100-an partisipan yang mengikuti kegiatan Webinar. (upi/adv).

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *