Dinas PU Kabupaten Sukabumi Pangkas Pohon Tua

  • Whatsapp
Dinas PU Kabupaten Sukabumi
Dinas PU Kabupaten Sukabumi saat memangkas sejumlah pohon yang kondisinya sudah tua, beberapa waktu lalu.

SUKABUMI — Sebelum memasuki musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi mulai melakukan persiapan. Di antaranya dengan memangkas pohon di sepanjang jalan yang dianggap rawan terjadinya pohon tumbang.

Diharapkan nantinya, tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di perlintasan Kecamatan Warungkiara beberapa bulan lalu.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan, pemangkasan pohon yang sudah mulai dilakukan itu disesuaikan permintaan dan pengajuan dari masyarakat melalui desa dan kecamatan.

Mereka menyampaikan kekhawatiran terjadinya pohon tumbang bila mana musim hujan melanda wilayah Sukabumi.

“Ada puluhan pohon yang memang usianya sudah tua sehingga perlu dilakukan pemangkasan. Mulai pemangkasan ranting bahkan penebangan jika pohon tersebut kondisinya sudah lapuk maupun dekat dengan rumah warga,” kata Asep kepada Radar Sukabumi.

Menurut Asep, setiap tahun Dinas PU melakukan pemangkasan pohon untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat tertimpa pohon tumbang. Menurutnya, pemangkasan tersebut dilakukan secara merata di setiap jalan baik wilayah utara maupun selatan Sukabumi.

“Karena semua memiliki potensi kerawanan pohon tumbang yang sama, sehingga semuanya kami sisir dan lakukan pemangkasan,” ucapnya.

Kebanyakan, Dinas PU hanya melakukan pemangkasan ranting saja dan tidak sampai penebangan pohon karena kondisinya sejauh ini jarang ditemukan pohon yang keropos dan berpotensi tumbang ketika musim hujan.

“Kalau memang ditemukan yang kondisinya berpotensi tumbang, tentunya semua akan ditebang. Makanya petugas melakukan pengecekan secara detail, namun sejauh ini kebanyakan hanya pemangkasan rantingnya saja,” imbuhnya.

Asep mengaku, jika tidak ada upaya pemangkasan sejak dini ini, tentunya kondisi tersebut bisa membahayakan pengguna jalan, terlebih bagi pohon yang berada di sepanjang Jalan Kabupaten Sukabumi. Karena itu, perlu adanya pemeliharaan.

“Kami yakin dengan upaya pemangkasan ini bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat pohon tumbang,” paparnya.

Asep meminta, masyarakat dapat berperan aktif dengan cara melapor ketika ditemukan pohon yang dapat mengancam keselamatan. Baik yang berdekatan dengan rumah, maupun dengan tempat publik lainnya.

“Kalau ada pohon yang membahayakan masyarakat, bisa segera melaporkannya kepada pemerintah setempat. Nanti akan kami segera tindak lanjuti,” pungkasnya. (bam/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *