Dinas Pertanian

Target Tanam Padi Baru Capai 58 hektare

SUKABUMI — Dalam periode Oktober 2019 hingga Maret 2020, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, menyebutkan target tanam padi di belum tercapai. Pasalnya, sampai saat ini curah hujan belum merata khususnya di daerah selatan Sukabumi.

Kepala Dina Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat mengatakan, sampai Januari 2020, dari target 83 ribu hektare tanam baru yang tercapai hanya 58 hektare atau tersisa 25 ribu hektare lagi. “Namun, pada akhir Januari ini luasan target tanam bisa tercapai karena curah hujan mulai tinggi,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi.

Lebih lanjut Sudrajat, belum tercapainya target karena seharusnya pada Oktober 2019 lalu hujan sudah turun. Tetap, pada kenyataan tidak sesuai prediksi. “Hujan mulai masuk pada Desember 2019 lalu,” ucapnya.

Menurut Sudrajat, intensitas hujan belum merata terutama di daerah selatan khususnya Pajampangan. Hal ini, karena meskipun di wilayah utara Sukabumi turun hujan namun di wilayah selatan belum tentu turun hujan.

“Apalagi di selatan Sukabumi lahan pertaniannya adalah sawah tadah hujan,” paparnya.

Sebab itu, sambung dia, petani diminta untuk tanam dulu daripada menunggu hujan yang merata karena cukup lama. “Upaya ini untuk mendorong pencapaian target tanam padi di wilayah Sukabumi,” pungkasnya. (bam/d)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button