Dinas Pertanian

Ratusan Hektar Sawah Cidahu Aman Kekeringan

CIDAHU — Ratusan hektar sawah di Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Bojonggenteng dipastikan dapat teraliri air dengan baik. Lantaran, sat ini Pemerintah Kabupaten Sukabumi tengah mengebut pembangunan dam parit di dua kecamatan tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menjelaskan, pembangunan dam parit berlokasi di Kampung Cikalong Rt 03/01, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Nantinya, dengan pembagunan ini ratusan hektar sawah di dua Kecamatan bakal teraliri air dengan baik.

“Kedatangan saya ini dalam rangka memonitoring pembangunan dan parit, untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik tanpa hambatan dan bisa menjawab aspirasi masyarakat,” jelasnya,

Sebelumnya, Iyos cukup ironis ditengah sumber daya air yang melimpah di wilayah Cidahu, namun aliran air ke sektor pertanian di wilayah ini belum berjalan dengan baik.

“Di Cidahu kan banyak sumber air, malahan ada perusahaan AMDK, namun saluran air ke pesawahan kurang baik, maka dari itu pemerintah berupaya hadir ditengah-tenagh masyarakat untuk mewujudkan harapan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan dam parit tersebut, nantinya akan dipergunakan untuk mengairi ratusan hektar pesawahan warga di empat desa, diantaranya Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Desa Cipaneungah, Kecamatan Bojonggenteng dan Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda.

“Dam parit tersebut nantinya digunakan untuk mengairi ratusan pesawahan warga dua desa di Kecamatan Cidahu, satu desa di Kecamatan Bojonggenteng dan satu desa di kecamatan Parungkuda supaya hasil panennya sesuai keinginan,” imbuhnya.

Iyos menyebut, pembangunan dampit tersebut menelan pagu anggaran sekitar Rp 400 juta lebih dan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Sukabumi.

“Ya semoga dam parit ini bisa secepatnya selesai supaya bisa digunakan untuk keperluan masyarakat,” tandasnya. (upi/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button