Kopi Java Preanger Sukabumi Tembus ke Australia

  • Whatsapp
Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara langsung melepas seremoni ekspor 16 ton kopi arabika Java Preanger Jabarano ke Sydney, Australia, di Gedung Pakuan, Kota Bandung. (Dok Humas Pemprov Jabar)

SUKABUMI — Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi alamnya. Sehingga tak ayal, daerah terluas se Pulau Jawa dan Bali ini, memiliki kawasan wisata alam yang diakui dunia.

Bukan hanya itu, baru-baru ini, Kabupaten Sukabumi telah masuk sebagai salah satu daerah yang mengekspor kopi Java Preanger ke berbagai mancanegara.

Bacaan Lainnya

Hal demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Sudrajat. Bahwa menurutnya kopi arabika Java Preanger, mampu mengantarkan Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu pemasok biji kopi terbaik yang diminati di Asia, Eropa, hingga Amerika.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengekspor sekitar 16 ton kopi Java Preanger ke Australia. Salah satu daerah yang mengeskpor terbanyak dari kopi jenis ini, adalah daerah Kabupaten Sukabumi,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, Kamis (15/10).

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini daerah Kabupaten Sukabumi memiliki lahan sekitar 1.086 hektar yang tengah ditanami kopi. Ribuan hektare perkebunan kopi tersebut, telah tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Yakni, Kecamatan Nyalindung, Sukaraja, Kadudampit, Kabandungan dan Kecamatan Gegerbitung. Sementara, tiga kecamatan lainnya yang kini akan menjadi daerah penyanga ekspor kopi ke luar negeri itu, adalah Kecamatan Cisolok, Cireunghas dan Kecamatan Purabaya.

“Memang Kabupaten Sukabumi ini, kaya akan segalanya. Mulai dari alamnya hingga sektor pertanian. Iya, dari lahan perkebunan kopi seluas 1 hektare, hasil panennya bisa mencapai 6 hingga 10 ton kopi yang masih berkulit. Namun setelah melalui beberapa proses, jumlah tersebut menyusut hingga mencapai 2 ton kopi yang siap konsumsi,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *