Dinas Pertanian

Kadistan Minta Petani Waspadai Serangan Hama

SUKABUMI  – Memasuki musim hujan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, mengimbau para petani bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan hama tanaman saat perpindahan musim kemarau ke musim hujan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Ajat Sudrajat mengatakan, saat peralihan musim kemarau ke musim hujan biasanya akan berpotensi serangan hama terhadap pertanian, khususnya tanaman padi. Tentunya hal tersebut akan berdampak terhadap penghasilan petani.

“Berdasarkan survei petugas di lapangan, dua potensi hambatan produksi pertanian di musim peralihan ini didominasi oleh serangan Organisme Penggangu Tanaman (OPT),” kata Ajat.

Lebih lanjut Ajat mengatakan, jenis hama awal musim hujan ini, terutama tanaman padi adalah hama blast, wereng batang coklat (WBC) kungkang, belalang dan penggerek batang. “Jika intensitas hujan lebat dengan frekuensi rapat atau tiada hari tanpa hujan, maka perkembangan OPT tersebut sangat cepat berkembang untuk itu para petani harus waspada,” paparnya.

Kalau ada gejala terhadap tanaman padi, lanjut Ajat, para petani segera berkonsultasi atau melapor ke petugas di lapangan. “Insya Allah kami akan senantiasa siap untuk membantu para petani. Jangan sampai serangan hama sudah parah baru melapor,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang petani Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, Okim (40) menuturkan, biasanya memasuki musim hujan memang tanaman kerap diserang hama. “Tentunya apabila sudah terserang sulit untuk basmi. Maka dari itu, penanganan harusnya sebelum terserang hama,” singkatnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button