BERITA UTAMADinas Kesehatan

Jumlah Dokter di Kabupaten Sukabumi Memprihatinkan

SUKABUMI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi mengaku dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga Kabupaten Sukabumi, masih terkendalan berbagai faktor. Salah satunya adalah minimnya Sumber Daya Manusia (SDM), seperti tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid mengatakan, saat ini Kabupaten Sukabumi masih kekurangan dokter yang ditempatkan di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di Kabupaten Sukabumi. Bahkan, hingga kini terdapat beberapa Puskesmas yang belum memiliki dokter.

“Kabupaten Sukabumi memiliki jumlah penduduk sekitar 2,5 juta jiwa. Namun, untuk melayani kesehatannya, tentu harus ditunjang dengan SDM yang mumpuni. Salah satunya adalah dokter,” kata Harun kepada Radar Sukabumi, usai menghadiri peresmian gedung Puskesmas Kebonpedes, Kamis (11/6).

Menurutnya, satu dokter ini minimal rasionya dalam perbandingnnya dapat melayani pasien sebanyak 10.000 jiwa.

Untuk itu, Kabupaten Sukabumi harus memiliki sebanyak 300 dokter yang harus ditempatkan di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Minimalnya dari 58 Puskesmas ini, harus ada 300 dokter. Makanya, Kabupaten Sukabumi sekarang masih kekurangan sekitar 120 dokter untuk mencapai pemenuhan minimal,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis, khususnya dokter yang bertugas di Puskesmas ini, maka pemerintah daerah akan mendorong para remaja untuk mendapatkan beasiswa pendidikan kedokteran.

“Kita akan dorong dokter-dokter baru untuk bertugas di 58 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button