Pemkab Sukabumi

Cegah COVID-19, Masjid dan Perkantoran Pemkab Sukabumi Disemprot Disinfektan

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (Hakli) melaksanakan penyemprotan disinfektan, Jumat (20/3/2020).

Penyemprotan tersebut dilaksanakan di beberapa titik di Kabupaten Sukabumi. Terutama tempat ibadah dan perkantoran.

Penyemprotan tersebut dilaksanakan di Pendopo Sukabumi dan Palabuhanratu. Termasuk rumah dinas ketua DPRD, Wakil Bupati, dan Sekda.

Selain itu dilakukan juga di Masjid Agung Palabuhanratu, Al Irfan Cibolang, Daarul Matiin Cibadak dan sarana ibadah lainnya serta Alun Alun Cisaat.

Tak hanya itu, perkantoran di Setda Kabupaten Sukabumi, Bappeda, DPRD, Dinas Kesehatan, bahkan Rumah Sakit Sekarwangi, Palabuhanratu ikut disemprot disinfektan.

Asisten Daerah I Setda Kabupaten Sukabumi Ade Setiawan mengatakan, sterilisasi dengan penyemprotan tersebut sebagai langkah pencegahan covid 19.

“Ini langkah awal yang dilakukan HAKLI dalam pencegahan covid 19. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan di beberapa kawasan,” ujarnya, Jumat (20/3/2020).

Tak hanya itu, penyemprotan tersebut sebagai langkah edukasi dan ajakan bagi masyarakat. Terutama untuk melaksanakan hidup bersih dan sehat. “Masyarakat pun bisa melakukannya di kediaman masing masing,” ucapnya.

Ketika bahan baku sulit didapat, masyarakat bisa meminta bantuan HAKLI untuk mencari alternatif. Sehingga bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar masyarakat.

“Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan ketika disinfektan sulit didapat. Mari masyarakat bersama mencegah penyebaran covid 19,” ungkapnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk disiplin mengikuti anjuran pemerintah. Sehingga penyebaran covid 19 dapat terkendali. Termasuk anjuran diam di rumah selama 14 hari. “Disiplin masyarakat merupakan kunci keberhasilan penanggulangan covid 19 di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya berterima kasih kepada HAKLI. Organisasi tersebut sudah berperan aktif dalam pencegahan covid 19 di Kabupaten Sukabumi. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada HAKLI yang telah berperan aktif dengan penyemprotan disinfektan di kawasan Kabupaten Sukabumi,” paparnya.

Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman mengatakan, proses penyemprotan dilakukan secara serentak di beberapa titik. Terutama di wilayah utara dan selatan Kabupaten Sukabumi. “Hari ini di beberapa titik. Diawali dengan penyemprotan disinfektan di Pendopo,” jelasnya.

Target pertama ini ialah tempat ibadah. Apalagi Jumat ini akan banyak perkumpulan di masjid. “Kebetulan hari ini Jumat. Umat muslim melaksanakan salat Jumat. Khawatir ada beberapa warga yang tidak sadar membawa penyakit. Jadi kita semprot disinfektan,”bebernya.

HAKLI sendiri menurunkan 30 orang dalam penyemprotan disinfektan. Bahkan 400 liter disinfektan disiapkan, termasuk 15 alat semprot dan alat pelindung diri (APD). Tak hanya itu, HAKLI memberikan sumbangan semprotan portable kepada pengelola masjid.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button