Pemkab Sukabumi

Camat Jampangtengah Himbau Warga Waspadai Bencana

RADARSUKABUMI.com — Dalam mengantisipasi terjadinya resiko bencana alam, pemerintah Kecamatan Jampantengah menghimbau kepada seluruh desa yang ada di wilayahnya agar meningkatkan kewaspadaanya pada saat cuaca ekstrim seperti ini.

Camat Jampangtengah, Sabar Suko mengatakan, pada kondisi cuaca ekstrem masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

Langkah ini diperlukan agar terhindar dari korban bencana dan mengalami kerugiaan materil.

“Iya, seluruh stakehoalder agar meningkatkan kewaspadaannya mengenai ancaman bencana alam di musim hujan. Seperti banjir, longsor, puting beliung dan lainnya,” jelas Sabar kepada Radar Sukabumi.

Untuk mengantisipasi korban bencana maupun kerugiaan materil, pemerintah Kecamatan Jampangtengah terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh desa dan warganya.

“Kami bersama Polri dan TNI beserta relawan kebencanaan. Seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Jampangtengah, terus siaga menghadapi potensi bencana di tengah cuaca ekstrem. Sehingga ketika terjadi bencana, maka kami bersama petugas bisa langsung ke lokasi kejadian,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar dapat memangkas ranting-ranting pohon di sekitar pekarangan rumah untuk mengantisipasi bahaya cuaca ekstrem saat ini.

“Kita harus mewaspadai apabila terjadi angin kencang, sewaktu-waktu ranting atau pohon-pohon bisa tumbang sehingga membahayakan keselamatan,” timpalnya.

Selain menyarankan untuk melakukan peremajaan pohon, untuk mengantisipasi banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi, masyarakat juga diminta supaya membersihkan saluran air atau selokan di pekarangan rumah masing-masing.

“Hal ini, memang cukup sederhana, tetapi apabila tidak dilakukan masyarakat, terutama saat musim hujan, dapat menyebabkan penyumbatan saluran air sehingga terjadi banjir,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button