Pemkab Sukabumi

240 Kades Terpilih Dibina Tentara

CIKEMBAR  Р240 Kepala Desa (Kades) terpilih mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Kades Pemula di Lapangan Batalyon Armed 13 Naggala, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, kemarin (9/12). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan melatih fisik para kades terpilih agar memiliki jiwa dan mental kuat. Sehingga, dalam menjalankan tugas, fokok dan fungsinya sebagai kepala desa mereka sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, bimtek yang diikuti sebanyak 240 kades ini, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi telah meminta kepada Batalyon Armed 13 untuk melaksanakan pembinaan dalam menyatukan persepsi, pemikiran, tindakan dalam membangun Kabupaten Sukabumi lebih baik.

“Untuk itu, kepada seluruh calon kepala desa terpilih baik yang pernah menjabat kepala desa maupun yang baru pertama kali, harus mematuhi dan mengikuti semua aturan dalam bentuk apapun,” jelas Marwan saat memberikan sambutannya di hadapan seluruh kades terpilih, Senin (9/12).

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, bimtek Kades pemula tersebut sangat penting dilakukan agar seluruh Kades di Kabupaten Sukabumi memiliki kemampuan dalam menjalankan pemerintahan desa, mulai dari pembangunan, kebudayaan masyarakat serta menghindari perbuatan melawan hukum.

“Tugas dan fungsi sebagai kepala desa itu, cukup berat sebagaimana dimanfaatkan oleh Undang-undang Nomor 6 tahun 2014. Iya, makanya mereka akan digodok beberapa hari di Batalyon Armed 13,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana mengatakan, dari 240 kepala desa yang mengikuti Bimtek ini, terdapat dua kepala desa yang tidak mengikuti.

“Berdasarkan laporan sementara, dua kepala desa yang tidak mengikuti ini, satu kepala desa karena mengalami sakit, sementara satu kepala desa lainnya ia sedang dalam perjalanan menuju tempat pelatihan Bimtek ini. Iya, intinya mereka harus tetap mengikuti bimtek. Karena ini sangat penting dilakukan untuk kepala desa,” katanya.

Dirinya menambahkan, Bimtek kepala desa pemula ini, diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kepala desa yang selama ini mencakup urusan pemerintahan desa.

Mulai dari pembangunan pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat.

“Bimtek ini akan berlangsung hingga lima hari. Nah, nanti setelah Bimtek ini, mereka akan dilantik secara serentak yang rencananya akan diselenggarakan pada Jumat 13 Desember 2019 di Batalyon Armed 13 Kostrad,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button