Jalan Bojongkopo Cipicung di Simpenan Sukabumi Terputus Gara-gara Longsor

CEK LOKASI: Petugas gabungan terkait saat mengecek lokasi longsor pada Jalan Bojongkopo, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi sehingga akses terputus. FOTO : NANDI/ RADARSUKABUMI

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi mengakibatkan akses jalan penghubung antar kampung di Desa Loji menjadi terputus. Hal itu disebabkan oleh longsor yang menggerus jalan.

Informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Dandi Sulaeman mengatakan, peristiwa terputusnya akses jalan terjadi sesaat setelah terjadi hujan deras Senin (9/1) pukul 23.56 WIB. Akibatnya, debit air mengalami peningkatan karena saluran tidak dapat menampung.

“Jalan rusak dengan lebar 2 meter dan panjang 7 meter, jalan terputus,” ungkap Dandi.

Beruntung, kata Dandi lagi, dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. Hanya saja akses jalan warga jadi terhambat dan harus berhati-hati saat melintas jalur tersebut.

“Ini satu satunya akses jalan menuju kampung Cipicung, sekarang terputus, kendaraan roda empat tidak bisa melintas, kalau kendraaan roda dua harus ekstra waspada,” jelasnya.

Lanjut Dandi, adanya kejadian itu langsung melakukan koordinasi bersama perangkat desa, kecamatan, koramil, Polsek,Satpol PP dan Tagana guna melakukan pendataan kerusakan yang terjadi.

“Serta memberikan imbauan ke masyarakat untuk tetap waspada karena kondisi saat ini yang musim penghujan rawan terjadi banjir dan tanah longsor. Untuk penanganan selanjutnya saat ini yang dibutuhkan mendesak beronjong untuk perbaikan tanah jalan yang tergerus air,” tandasnya. (Cr2/d)

Pos terkait