BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Jalan Alternatif Tenjoayu Tergerus Longsor

RADARSUKABUMI.com — Sejumlah pengendara dan warga Kecamatan Cicurug, mengeluhkan konsidi ruas Jalan Alternatif Tenjoayu yang terancam terputus akibat tergerus longsor pada Minggu (12/7) lalu.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, jalan yang berstatus Kabupaten Sukabumi ini berada di perbatasan anatara Desa Nanggerang dan Desa Tenjoayu.

Akibat bahu jalan tergerus longsor ini berdampak terhadap aju arus lalu lintas. “Longsor ini terjadi saat daerah ini di guyur hujan, karena Tembok Pemahan Tanah (TPT) tidak kuat sehingga terjadi longsor,” ungkap salah seorang warga setempat, Wawan (43) kepada wartawan, Senin (13/7).

Meski longsor belum menggerus badan jalan, namun lanjut Wawan, dikhawatirkan jika tidak secepatnya diperbaiki terjadi longsor susulan yang dapat mengakibatkan terputusnya akses jalan alternatif tersebut.

“Untuk mengantisipasi longsor susulan, sebagian badan jalan yang tergerus longsor dipasang pembatas jalan,” ujarnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi ke padatan arus lalu lintas masyarakat berinisiatif mengatur arus lalu lintas dengan memberlakukan buka tutup jalan sehinga lalu lintas berjalan normal.

“Masyarakat sudah melaporkan longsor ini kepada pemerintah setempat agar segera dilakukan perbaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara, Dede (25) mengaku khawatir ketika melintasi jalan tersebut khususnya apabila tengah turun hujan.

“Karena kalau dilihat kondisi tanah disini juga sepertinya labil sehingga membuat pengendara was-was kalau melintas jalan ini apalagi jika musim hujan,” imbuhnya.

Sebab itu, pihaknya meminta agar pemerintah terkait khususnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera turun tangan memperbaiki TPT di jalan tersebut.

“Kalau tidak segera diperbaiki takutnya terjadi longsor susulan yang bisa mengancam keselamatan pengendara,” pungkasnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button