Hitung-hitungan Politik Pasca Pindahnya Iman Adinugraha

  • Whatsapp
Iman Adinugraha Grafis
Grafis Iman Adinugraha

SUKABUMI – Hijrahnya mantan Calon Wakil Bupati pada Pilkada 2020, Iman Adinugraha jelas mengejutkan banyak pihak. Apalagi, sosok Iman bukan orang baru di kancah perpolitikan di Sukabumi. Kiprahnya sudah malang melintang bahkan mampu mengantarkan PAN menjadi salah satu partai besar di Kabupaten Sukabumi.

Pengamat Politik Sukabumi, Roy Tahsin mengatakan, kepindahan mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi ke Partai NasDem jelas sangat menguntukan bagi partai besutan Surya Paloh ini. Posisi tawar politik NasDem kedepannya akan semakin ‘sexy’.

Bacaan Lainnya

“Apalagi infonya kan Pak Iman diamanahi sebagai Ketua Bapilu Kota dan Kabupaten Sukabumi. Ya walaupun secara nasional kita belum tahu akan terjadi seperti apa konstalasi politiknya, warna politik yang bagaimana.

Baca Juga: Mantan Calon Wakil Bupati Iman Adinugraha Berlabuh ke NasDem, Ini Alasannya

Tapi paling tidak konsolidasi internal dan sekaligus pematangan struktur partai ditingkat DPW dan DPD NasDem akan semakin siap menghadapi pertempuran politik di pemilu 2024 mendatang,” bebernya.

Baca Juga: Iman Berlabuh, NasDem Dapat Durian Runtuh, Ucok : Ini Keuntungan Besar

Bersatunya Iman Adinugraha dengan Ketua DPD Ucok Haris Maulana Yusup adalah dua kekuatan besar bagi partai. “Saya tidak ingin mengatakan ini bentuk perlawan politik, tapi paling tidak tagline “Restorasi” itu optimis bisa diwujudkan,” tambahnya.

Sebaliknya, bagi partai PAN yang kini ditinggalkan oleh Iman, akan mengalami penurunan secara siginifikan terutama di wilayah Sukabumi.

Baca Juga: Kader Terbaiknya Hijrah, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi Bilang Begini

Karena banyak kader-kader potensial yang kemaren mendongkrak elektoral partai, dipastikan akan berlabuh juga ke pelukan NasDem.

“Sejauh ini pengamatan saya Nasdem adalah partai alternatif bagi masyarakat, terutama bagi pemilih pemula/milenial juga dikalangan akar rumput. Artinya, PAN hanya tinggal kenangan. Sementara Iman dengan armada barunya bisa dipastikan melenggang ke senayan dan NasDem mampu meraih kursi terbanyak di kabupaten,” urai Roy.(nur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *