BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Hergun: Potensi Laut Dikelola dengan Benar, Nelayan Sukabumi Bisa Sejahtera

RADARSUKABUMI.com – Anggota DPR RI Komisi XI, Heri Gunawan (Hergun) menyambut baik atas kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Parabowo ke Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/06/2020).

Menurut Heri Gunawan, ini menunjukan Pemerintah hadir untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya para nelayan di Kabupaten Sukabumi untuk mendapatkan berbagai ilmu kelautan dan suntikan dana yang dikucurkan demi kemajuan dan kesejahteraan nelayan.

“Kujungan kerja Pak Menteri Kelautan dan Perikanan ini ke Jawa Barat khususnya wilayah selatan ini sudah direncanakan dan diprogramkan. Sebelumnya, hari Rabu (17/06) Menteri KPP ke rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) Heri Gunawan berdiskusi sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, tokoh dan sayap-sayap partai Gerindra.

Sejumlah masukan dan aspirasi dari dewan atau wakil rakyat di Sukabumi ditampung, seperti menangkap ikan oleh para nelayan dan yang lainnya,” jelas Heri Gunawan yang akrab disapa Hergun kepada Radar Sukabumi, di sela-sela acara Kunjungan Kerja Menteri Edhy Prabowo, hadir juga Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dan jajaran KKP bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/06/2020).

Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR RI ini menerangkan potensi Sukabumi yakni budidaya air tawar dan air laut di Kabupaten yang terbagi dua di utara dan selatan sangat luar biasa jika dikelola dengan baik dan benar.

Nah, masalah klasik dari para nelayan seperti alat tangkap, permodalan, bahkan, kebijakan-kebijakan yang saat ini menyulitkan para nelayan.

“Contohnya penggunaan cantrang, kan ini dilarang, kita pingin tahu kebijakan Pak Menteri seperti apa, mungkinkah cantrang ini diperbesar jaringnya, agar ikan-ikan kecil tak tertangkap, karena kebijakan yang lama ini harus dikoreksi dan evaluasi.

Apa yang menjadi usulan para nelayan bisa disuarakan, agar semua keluhan nelayan bisa terjawab, termasuk perluasan Pelabuhan Nusantara menjadi Samudra,” kata politisi ramah dari Dapil Sukabumi tersebut.

Sejumlah program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan yang disodorkan mulai dari permodalan, asuransi, jaminan keselamatan, dan sebagainya, yang dari rangkaian tersebut Menteri KKP melihat potensi Kabupaten Sukabumi khususnya daerah selatan sangat besar dan bagus.

“Misalnya kebiasaan di Palabuhanratu adalah panen impun ramai saat ini, berbicara hal tersebut bagaimana kita budidayakan udang kecil tersebut, karena wilayahnya teluk di Palabuhanratu sangat potensi, nah tinggal menggunakan teknologi yang terbarukan kita tawarkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo didampingi Anggota DPR RI Komisi XI Heri Gunawan, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sarjono di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/06).

Kita bicarakan soal lahan milik Pertamina. Dengan tujuan kapal kita sendernya terbatas, sehingga jika samudera lebih jelas dan luas, kami selaku wakil rakyat dari Gerindra dan Pak Menteri merupakan kader Gerindra harus memberi manfaat kepada masyarakat,” terang Hergun.

Kunker Menteri KPP tersebut bertujuan dalam rangka untuk meninjau langsung sektor perikanan tangkap dan perikanan budidaya di wilayah selatan khususnya di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatangan Simbolis Perjanjian Kerja Laut (PKL) antara Anak Buah Kapal (ABK) dan pemilik kapal yang disaksikan oleh Menteri KKP serta Penyerahan sertifikat, bantuan dan permodalan simbolis dari Kementrian Kelautan dan Perikanan kepada nelayan di antaranya,

Bantuan Bakti Nelayan, Sertifikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) Nelayan, Permodalan LPMUKP, Permodalan Perbankan, Pemodalan Pegadaian, Klaim asuransi kematian BPJS, SKPI (Sertifikat Keterampilan Penanganan Ikan), Sertifikat CPIB (Cara Penanganan Ikan yang Baik) dan Kartu Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan. (den)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button