Gara-gara Ini, Stok Darah di PMI Kosong

  • Whatsapp
MENDONOR: Salah satu pendonor sukarela saat melakukan donor darah di UTD PMI Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Petugas UTD PMI Kabupaten Sukabumi Aris Setiawan, mengatakan Kurang lebih dalam kurun waktu sebulan ini, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi kosong. Kondisi ini salah satunya diakibatkan oleh pandemi Covid-19 yang membuat jumlah pendonor sukarelawan menurun.

Menurutnya, kurang lebih dalam kurun waktu satu bulan, persediaan darah kosong. Jumlah pendonor sukarelawan menurun drastis sehingga berdampak pada ketersediaan darah.

Bacaan Lainnya

“Kosong, sudah sebulan ini tidak ada persediaan darah golongan apapun. Sejak pandemi Covid-19 melanda, jumlah pendonor terus berkurang drastis hingga tidak ada persediaan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (6/1/2021).

Perusahaan-perusahaan besar yang rutin melaksanakan donor darah, lanjutnya, dalam kurun waktu beberapa bulan tidak melakukannya. Jika di presentasekan, jumlah pendonor berkurang hingga 50 persen.

“Pendonor sukarela itu hilang kurang lebih 50 persen, bahkan lebih. Masyarakat rata-rata takut karena kondisi ini, padahal asalkan melakukan prosedur dengan baik, mendonor saat pandemi aman,”ujarnya.

Untuk sementara, jika terdapat masyarakat yang membutuhkan darah, pihaknya menyarankan untuk mencari pendonor pengganti. Karena memang jika harus mengandalkan ketersediaan di UTD PMI Kabupaten Sukabumi kosong.

“Ya sementara harus ada donor pengganti, artinya jika ada yang membutuhkan harus ada saudara, kerabat yang harus mendonorkan darahnya, termasuk bagi para penyandang penyakit Talasemia mengandalkan pendonor pengganti,” bebernya.

Aris juga menyebut, kebutuhan darah di Kabupaten Sukabumi dalam setiap bulannya rata-rata mencapai 1000 lebu darah. PMI Kabupaten Sukabumi juga terus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak, namun memang karena kondisi pendemi Covid-19 sehingga hasilnya kurang maksimal.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *