KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

CPUGGp Go Internasional, Jalin Kesepahaman dengan Jepang

JEPANG – Setelah melalui berbagai tahapan dan pembahasan intensif, akhirnya Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) akhirnya menandatangani Nota Kesepahaman Bersama dengan Izu Peninsula Unesco Global Geopark (IPUGGp) pada 6 November 2019.

Bertempat di Main Building Shizuoka Perfecture Jepang, upacara penandatanganan dimulai pukul 16.00 waktu Jepang. Penandatanganan dilakukan antara President of Izu Peninsula Geopark Promotion Council, Mr Kikuchi dengan Iyos Somantri selaku Ketua Badan Pengelola CPUGGp.

Upacara disaksikan oleh kedua gubernur, yaitu Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Gubernur Shizuoka Mr. Heita Kawahatsu serta Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Walikota Shimoda City selaku Vice President of Izu Peninsula Geopark Promotion Council. Hadir pula beberapa pejabat kedua provinsi/perfekture, serta beberapa pejabat Kabupaten Sukabumi yang berkaitan langsung.

Sehari sebelumnya, rombongan Kabupaten Dikagumi diterima oleh Walikota Izu City yang juga merangkap sebagai Presiden Izu Peninsula Geopark Promotion Council di Georia Museum, dilanjutkan mengunjungi beberapa geosites seperti Mount Omuro Volcano, Jogasaki Coast dipandu langsung oleh pakar geologi Izu Peninsula Prof Katsuhiko Asahi, PHD.

Beberapa tahapan hingga keseragaman bersama yang telah dilalui diantaranya pembahasan ruang lingkup melalui duskusi di Bandung dan Sukabumi, korespondensi antar kontak person (Prof Asah dari Izu dan Yudi P. Yoga selaku Kabag Kerjasama), courtessy meeting dan technical meeting yang akhirnya disepakati draft MoU serta waktu dan tempat penandatanganan sebagaimana di atas.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kedua gubernur, atas dukungan maksimal atas terwujudnya kesepahaman ini.

“Terimakasih banyak kepada kedua gubernur atas dukungan maksimal sehingga terwujudnya kesepahaman ini, dan segera akan ditindaklanjuti dengan implementing agreement pada tataran operasionalnya,” tutur Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Diyakini kedua belah pihak, kerjasama ini nantinya akan memberikan kemajuan yang signifikan bagi kedua Geopark, tidak saja sebagai daerah tujuan wisata, konservasi, pemberdayaan tetapi juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya memelihara taman bumi selaku warisan geologi yang terwujud selama puluhan juta tahun hingga membentuk lapisan batuan fosil yang memesona.

Iyos Somantri selaku Ketua Badan Pengelola CPUGGp - CPUGGp Go Internasional, Jalin Kesepahaman dengan Jepang
penyerahan cenderamata dari Iyos Somantri selaku Ketua Badan Pengelola CPUGGp yakni perahu congkreng dari pelepah pisang kepada President Izu Peninsula Geopark Promotion Council untuk menambah koleksi Museum Georia.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya sangat mendukung terwujudnya kesepahaman bersama ini. Selain karena kedua provinsi dan perfekture telah menjalin sister province, diharapkan juga memberi kemajuan bersama bagi kedua provinsi.

“Jabar membuka peluang investasi serta siap melakukan kegiatan ekonomi lain seperti memasok berbagai komoditas unggulan Jabar, SDM yang berlimpah dan lain sebagainya,” tandas Ridwan Kamil. (*/sri)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *