KABUPATEN SUKABUMI

15.000 Liter Air Bersih Didistribusikan

CIBADAK — Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi kembali mendistribusikan air bersih. Kali ini, 15.000 liter air disalurkan ke warga Kampung Pasirkolotok, Kelurahan/Kecamatan Cibadak.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, penyaluran air bersih ini atas permohonan bantuan dari pemerintah setempat. Dalam laporannya, sedikitnya ada tiga ke-RT-an sejak lima bulan mengalami kesulitan air bersih akibat dari kemarau panjang. Bahkan saluran air dari Perumda pun yang biasanya mengalir saat ini tidak normal.

“Sejak musim kemarau, warga sudah mengalami kekeringan dan sauran dari Perumda pun tidak berjalan normal. Karena itu, kami bertanggungjawab untuk menyalurkan 15.000 liter air secara gratis untuk warga,” kata Dirut Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Muhamad Kamaludin Zen kepada Radar Sukabumi, kemarin (11/10).

Kamaludin menjelaskan, tidak normalnya penyaluran air dari Perumda AM TJM ini akibat salah satu sumber air yang berada di Kecamatan Caringin mengalami penyusutan sampai 50 persen. Otomatis, hal itu membuat penyaluran air kepada pelanggan tidak normal. “Penyusutan terjadi sudah hampir lima bulan sejak musim kemarau berlangsung. Karena itu, penyaluran air kepada pelanggan kurang optimal,” jelasnya.

Kendati demikian, sambung Kamaludin, Perumda secara continue mendistribusikan air menggunakan tanki kepada pelanggan serta non pelanggan secara gratis. “Ini sebagai bentuk tanggungjawab kami memberikan pelayanan baik kepada pelanggan ataupun non pelanggan secara gratis,” paparnya.

Ia berharap, dengan memasuki musim hujan sumber air bisa kembali normal dan pelayanan Perumda AM TJM kepada pelanggan bisa kembali normal. “Sekarang sudah mulai turun hujan, mudah-mudahan sumber air bisa secepatnya normal,” harapnya.

Sementara itu, salah satu Ketua RT 01/12, Kosasih (52) menambahkan, sudah hampir lima bulan warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih untuk perluan sehari-hari lantaran sumber air mengering. “Alhamdulillah saat ini ada bantuan air bersih dari Perumda. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk warga,” singkatnya. (bam/t)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button