M Jaenudin, Desak Pemkab Segera Relokasi Warga Korban Pergerakan Tanah

  • Whatsapp
MENINJAU : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M Jaenudin saat meninjau lokasi retakan tanah di wilayah Kedusunan Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, belum lama ini.

NYALINDUNG — Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M Jaenudin mendesak pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, agar segera merelokasi seluruh warga terdampak yang diterjang bencana pergerakan tanah di wilayah Kedusunan Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung dan Kedusunan Suradita, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung.

Hal ini, harus segera dilakukan mengingat kondisi retakan tanah yang menerjang dua wilayah tersebut, setiap harinya terus meluas dan masif.

Bacaan Lainnya

“Iya, kemarin saya bersama teman-taman dari Baguna dan Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Anggota DPR-RI, Ribka Tjiptaning dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono yang juga Anggota DPR RI, sudah meninjau ke lokasi retakan tanah di dua wilayah ini, sambil memberikan bantuan sembako.

Memang kondisinya sangat memprihatinkan. Lantaran, bangunan rumah, lahan pesawahan hingga akses jalan juga mengalami kerusakan akibat bencana alam itu,” kata M Jaenudin kepada Radar Sukabumi, Rabu (17/02/2021).

Untuk itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan bersama teman-tamannya dari komisi masing-masing meminta selain kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi juga, kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat agar tetap untuk ikut serta membantu dan segera mengabil tindakan dan upaya untuk merelokasi warga terdampak dari bencana alam ini.

Seperti warga terdampak retakan tanah di Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, sebagian warganya kini masih tinggal di tempat pengungsian sementara yang berada di Gedung SDN Ciherang.

“Iya, lokasi pengungsian sementara di SDN Ciherang ini, jaraknya dekat dengan lokasi retakan tanah. Sementara, lokasi sekolah itu berada di tanah yang cukup lumayan miring. Jadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka pemerintah harus segera merelokasinya ke tempat yang benar-benar aman. Terlebih lagi, saat ini intensitas curah hujan masih dinilai relatif tinggi,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, dalam menyikapi persolan ini dirinya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan berbagai komisi di DPR dan dinas yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat untuk segera merelokasi warga terdampak ini.

Semua ini, telah dirinya lakukan karana pada prinsipnya ketika terjadi bencana alam, maka harus saling tolong menolong, tanpa harus melihat latar belakang dan iklim politik di daerah tersebut.

“Ini pesan ibu Ketua Umum PDI Perjuangan yang menjadi pegangan kuat kami dalam melakukan kerja-kerja gotong royong di internal kepartaian maupun saat menjadi anggota DPRD,” pungkasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *