BERITA UTAMADPRD JABAR

Anggota Fraksi Demokrat Dukung Pengembangan Peternak Domba   di Jawa Barat

GARUT – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Hendar Darsono mendorong pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan bibit unggul ternak domba dan kambing.

Hal tersebut dikatakan, legislatif dari fraksi Demokrat saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Pengembangan Pembibitan Ternak Domba dan Kambing Margawati Kabupaten Garut.

“Kami medorong supaya Balai Pengembangan Pembibitan ternak domba dan kambing di Margawati berhasil melakukan pengembangan bibit ternak domba dan Kambing, “jelas Hendar usai melakukan kunjungan kerja, kemarin.

Tak hanya itu, dirinya juga mendorong kegiatan desiminasi atau penyebaran teknologi peternakan di masyarakat, tujuannya untuk kembali menumbuhkan animo masyarakat untuk menjadi peternak yang unggul, termasuk didalamnya peternak domba dan kambing.

“Berternak kambing dan domba akan bernilai ekonomis, bisa dijadikan sebagai mata pencaharian yang menjanjikan, “terangnya.

Lebih lanjut, jika ditekuni dengan serius berternak domba dan kambing, secara tidak langsung bisa menyerap tenaga kerja. Selain itu juga bisa jadi salah satu penyedia bahan pangan bagi kebutuhan daging di Masyarakat.

“Jika digarap serius, potensi ternak kambing dan domba masa depannya sangat cerah, karena kebutuhan akan daging saat ini masih tinggi, “terangnya.

Untuk menghasilkan varietas domba yang unggul, tentunya membutuhkan dorongan pemerintah dalam hal ini Provinsi untuk memberikan stimulan kepada peternak domba dan kambing. Tak hanya itu, pemerintah juga harus bisa mendengarkan keluhan peternak akan hambatan-hambatan yang terjadi dilapangan.

“Saya ingin, meningkatkan kapasitas sumber daya bidang pangan dan peternakan dan meningkatkan ketersediaan serta distribusi pangan dan ternak serta meningkatkan kualitas konsumsi dan keamanan pangan masyarakat berbasis sumberdaya lokal bukan sebatas wacana, tetapi ada solusi yang nyata kepada peternak dari pemerintah, “jelasnya.

Selain itu juga, meningkatkan produktivitas ternak dan usaha peternakan yang berwawasan lingkungan dan berdaya saing haruslah segera terlaksana.

Caranya dengan dorongan-dorangan dari berbagai pihak dalam hal ini perintah dengan memberikan penyuluhan kepada peternak. “Saya rasa kedepan, harus ada terobosan baru agar peternak bisa mengembangkan bibit yang unggul, “tukasnya. (hnd)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button