Tinjau Lokasi Banjir Bandang Di Jasinga, Ade Yasin: Kami Berencana Membuat Bendungan

  • Whatsapp
Banjir Bandang Di Jasinga
Ade Yasin Tinjau Lokasi Banjir Bandang Di Jasinga. Hendi/Radar Bogor

JASINGA – Pemkab Bogor berencana akan membangun bendungan guna meminimalisir terjadinya banjir akibat luapan Sungai Cidurian di wilayah Bogor Barat.

Hal itu disampaikan Bupati Bogor, Ade Yasin saat mendatangi salah satu lokasi bencana banjir bandang yang terjadi pada Senin, (6/9/2021) di Kampung Parung Sapi Cilogak, Desa Kalong Sawah, Jasinga.

Bacaan Lainnya

“Kami berencana untuk membuat bendungan, karena ini aliran sungai baru, seharusnya tidak ke sini, saking banyaknya yang tak tertampung sehingga perlu perbaikan bendungan,” ujarnya.(7/9)

Menurutnya, rencana tersebut telah memasuki tahap lelang. Mengingat tahun lalu juga terjadi banjir bandang di lokasi yang sama, untuk tahun ini rencana pembangunan bendungan bakal segera direalisasikan.

Sementara penyebab banjir bandang yang terjadi kemarin, Bupati menilai perlu dilakukan investigasi lebih lanjut.

“Ini perlu diinvestigasi, nanti saya tugaskan BPBD dengan Badan Geoparsial, dilihat penyebabnya apa, karena kalau dilihat intensitas hujan itu tidak besar,” tegasnya.

Dari bencana tersebut, sebanyak dua rumah mengalami rusak berat dan rusak ringan. Sempat menolak dievakuasi. Namun Ade Yasin meminta aparat kecamatan dan desa membujuk warga yang tinggal di rumah tersebut untuk mengungsi sementara di tempat yang aman.

Saat ditanya wilayah mana saja yang terdampak, dirinya menyebut wilayah-wilayah yang dilewati oleh aliran Sungai Cidurian seperti Jasinga, Cigudeg dan Nanggung.

“Kita tidak ingin kejadian ini terulang lagi, jadi setelah ini kita akan cari solusinya,” tandasnya.

Reporter: Septi
Editor: Rany

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *