Siapa Duduki Kursi Ketua PWI Kabupaten Bogor, Untung VS Subagiyo?

Untung Subagio
Untung VS Subagiyo, Siapa Duduki Kursi Ketua PWI Kabupaten Bogor

BOGOR – Untung Bachtiar akan menghadapi Subagiyo, dalam memperebutkan kursi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor periode 2021-2024.

Untung Bachtiar dan Subagiyo menyerahkan berkas pencalonan dirinya kepada panitia seleksi konferensi PWI Kabupaten Bogor, bertempat di sekretariat PWI Kabupaten Bogor, Rabu (17/11/21).

Bacaan Lainnya

Adapun konferensi PWI Kabupaten Bogor ke-IV, akan diselenggarakan pada 30 November 2021, bertempat di Ballroom Bigland Sentul Hotel & Convention Hall, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang.

Panitia seleksi konferensi PWI Kabupaten Bogor, Wiwin Sudarto menyebut, jika dari 6 balon yang diketahui sebelumnya telah mengambil formulir bakal calon ketua PWI Kabupaten Bogor periode 2021-2024.

Baru ada 2 calon yang telah menyerahkan formulir, berikut dengan persyaratannya dalam ajang pemilihan ketua wadah tertua di Indonesia tersebut.

“Pengembalian berkas balon ketua PWI Kabupaten Bogor yakni Untung Bachtiar dinyatakan memenuhi syarat atau telah lengkap berikut dengan calon petahana yakni H. Subagiyo,” kata Wiwin Sudarto, Rabu (17/11/21).

Wiwin Sudarto melanjutkan, untuk satu balon lainnya, yang juga telah memenuhi persyaratan pencalonan bakal calon ketua PWI Bogor masa Bhakti 2021-2024 itu, juga diikuti hari yang sama oleh calon petahana ketua PWI Kabupaten Bogor periode 2018-2021, yakni Subagiyo.

Haji Subagiyo yang kita kenal sebagai ketua PWI Kabupaten Bogor periode 2018-2021 juga telah menyerahkan berkas formulir balon Ketua PWI di hari yang sama. Jadi yang sudah benar-benar mencalonkan diri, baru ada 2 orang dari 6 yang diketahui sebelumnya juga ikut mengambil formulir tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Untung Bachtiar menjelaskan, dalam pencalonan dirinya yang ikut meramaikan pemilihan ketua PWI kabupaten Bogor periode 2021-2024, sekedar menyemarakkan demokrasi di PWI Bumi Tegar Beriman khususnya.

“Saya tidak melihat menang atau kalah, tapi mungkin saya harus siap kalah dalam pemilihan ketua PWI periode 3 tahun kedepan,” terang Untung Bachtiar.

Menurutnya, bagaimana pun juga demokrasi di wadah tertua bagi wartawan ini, PWI harus dibangun dengan kebersamaan, persatuan wartawan itu sendiri.

Maka dengan ini, tantangan kedepannya pun akan semakin berat. Siapa pun yang nantinya menjadi ketua PWI Kabupaten Bogor masa bhakti 2021-2024 bakal menanggung beban yang luar biasa.

Karena, sambungnya, peran wartawan ini harus tetap bisa eksis di tengah-tengah masyarakat serta diakui keberadaannya oleh masyarakat.

“Terlebih, PWI ini juga harus melakukan regenerasi terutama bagi teman-teman wartawan yang umurnya masih muda yang kedepannya diharapkan harus mau menekuni profesi wartawan,” jelas Untung Bachtiar.

Untung Bachtiar berpendapat, jika di keprofesian jurnalis sendiri intinya bukannya kurang menjanjikan dari sisi ekonomi atau pendapatannya itu memang sangat kecil. Karena memang profesi wartawan ini sangat mulia tidak bisa dibeli dengan senilai rupiah.

“Karena profesi wartawan ini adalah merupakan demokrasi pilar ke empat (4), kemudian pahlawan tanpa pamrih, penuh kejujuran, berintegritas. Jadi kalau kesemuanya itu dapat dipegang oleh seorang wartawan yang profesional akan sangat luar biasa, serta akan menjadi ladang pahala bagi seorang tersebut dalam menjalani profesi ini dengan istiqomah,” beber Untung Bachtiar.

Dirinya juga mengaku, bila target pencapain yang bakal memilih dirinya dalam pemilihan balon ketua PWI Kabupaten Bogor periode 2021-2024 itu tidak ada.

Namun, dalam pencalonannya itu pihaknya hanya sekedar ikhtiar dan mencoba untuk lebih menyemarakkan demokrasi di lingkungan PWI Bumi Tegar Beriman khususnya.

“Tapi saya tetap optimis, dan selebihnya tergantung dari anggota biasa PWI yang memiliki hak pilih. Dan silahkan pilih yang ketua PWI yang terbaik menurut hati nurani teman-teman dan senior PWI Kabupaten Bogor,” pungkas Untung Bachtiar.

Mungkinkah bakal ada calon lain yang akan mengambil formulir pendaftaran dan mengembalikan berkas pencalonan ketua PWI Kabupaten Bogor?

Kita tunggu sampai tanggal 18 November 2021 besok, sesuai batas waktu penjaringan dan pengambilan formulir pendaftaran, serta tanggal 20 November batas akhir pengembalian Formulir. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.