Puluhan Anggota Pramuka Kabupaten Bogor Dilatih Jadi Jurnalis

  • Whatsapp
Webinar Jurnalistik
Webinar Jurnalistik bagi anggota Pramuka yang diselenggarakan oleh kwartir cabang (kwarcab), Minggu (26/9/2021).

SUKARAJA –  Sebanyak 73 anggota Pramuka muda dan dewasa di Kabupaten Bogor, dilatih menjadi jurnalis pada Webinar Jurnalistik yang diselenggarakan oleh kwartir cabang (kwarcab), Minggu (26/9/2021).

Peserta webinar tersebut berasal dari anggota Pramuka perwakilan kwartir ranting (kwarran). Setiap unsur kwarran ditugaskan tiga perwakilan yang terdiri satu andalan ranting urusan kominfo dan dua anggota dewan kerja ranting (DKR).

Bacaan Lainnya

Nantinya peserta akan menjadi jurnalis di masing-masing kwarran yang mengirim karya jurnalistik ke Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor.

Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah membuka secara resmi kegiatan webinar jurnalistik bagi anggota Pramuka ini.

Agus mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) David Rizar Nugroho yang telah menginisiasi program jurnalistik ini.

“Ini adalah modal dasar untuk menjadi kwarcab tergiat 1 di Jawa Barat. Webinar ini upaya peningkatan kualitas dan kuantitas jurnalistik bagi anggota Pramuka di Kwarcab Kabupaten Bogor,” kata Agus Ridallah dalam sambutannya.

Menurut ketua kwarcab itu, webinar jurnalistik penting dilaksanakan. Sebab setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh gugusdepan, DKR, kwarran, DKC, dan kwarcab kwarcab harus terpublikasikan.

“Makanya peningkatan publikasi ini menjadi bagian sangat penting karena kegiatan-kegiatan kita bisa terlihat oleh masyarakat, pimpinan, kwartir daerah, maupun kwartir nasional,” tuturnya.

Agus Ridallah berharap, peserta anggota Pramuka Webinar Jurnalistik Dasar bisa belajar menulis artikel, berita, dan hasilnya banyak kegiatan-kegiatan yang terpublikasikan.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor bidang Kominfo David Rizar Nugroho berharap agar peserta anggota Pramuka Webinar Jurnalistik Dasar bisa berkolaborasi dan bersinergi.

“Pramuka adalah pewarta bukan sekadar slogan, tapi implementatif. Saya benar-benar berharap kolaborasi dan sinergi kakak-kakak dalam publikasi kegiatan Pramuka di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Materi yang disampaikan dalam webinar ini di antaranya pengantar jurnalistik, teknik pembuatan press release, dan teknik wawancara. Hadir dalam webinar di antaranya Andalan Humas Kwarcab Kabupaten Bogor dan tim Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor.

Peserta para anggota Pramuka sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Antusiasme peserta tersebut terlihat ketika sesi diskusi bersama narasumber.

Beberapa peserta mengajukan pertanyaan yang belum dipahami. Tidak hanya itu, di akhir webinar juga terdapat kuis yang dikemas menarik. (MHT/Asep/Kominfo Kwarcab Bogor)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *